Page 308 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 308
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
Teori lain yang berkenaan dengan pentingnya
laboratorium dalam mencapai tujuan pendidikan adalah
Taksonomi Gagne, (1970) Gagne berpendapat bahwa tujuan-
tujuan pendidikan mencakup lima kemampuan yaitu kemampuan
intelektual, strategi kognitif, informasi verbal, keterampilan
motorik, serta sikap. Dari lima domain tersebut, dua domain yaitu
keterampilan motorik dan sikap adalah tepat sama dengan
taksonomi Bloom.
Dari diagram di atas, "A Diagram of Scientist's Way·
Methods of Intelligence·', proses kerja ilmuwan dalam proses
ilmiah pada tradisi keilmuan dalam menemukan atau pun
memverifikasi konsep, prinsip, maupun dalil baru, melibatkan
aspek kognitif, afektif dan psikomotor seperti yang tertera dalam
taksonomi Bloom maupun taksonomi Gagne.
Peranan lab. basah lainnya dalam menunjang proses dan
hasil belajar adalah memberikan pemantapan dan motivasi
belajar kepada mahasiswa. Dengan bantuan praktikum di
laboratorium, ingatan dan pemahaman mahasiswa terhadap
konsep-konsep dan dalil yang telah dipelajari dan dipraktekkan
akan bertahan lebih lama
Salah satu ciri penting yang perlu diperhatikan dalam
proses pembelajaran adalah karaktenstik dari perubahan kognisi
individu dalam menerima ataupun menolak informasi yang
diterima selanjutnya. Karakteristik dimaksud adalah sistem kognisi
yang telah ada sebelumnya pada setiap individu. Artinya, setiap
informasi yang datang dari luar akan mudah atau sukar diterima
oleh individu, tergantung pada ciri kognisi yang sudah ada
sebelumnya. Dalam hal ini, pengetahuan yang ada pada diri
mahasiswa yang telah diperkuat dengan kegiatan praktikum akan
merupakan sistem kognisi yang sangat baik, sehingga akan
sangat membantu individu untuk mempermudah masuknya
299