Page 304 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 304

PENDIDIKAN TINGGI  JARAK JAUH



         sebagainya  ... ;  2)  tempat,  situasi,  kondisi  tertentu,  untuk
         melakukan observasi,  eksperimen,  penyelidikan,  dan  hal-hal  yang
         terkait dengan  kegiatan  ilmiah;  .  .  Dengan  kata  lain,  laboratorium
         adalah  suatu  tempat untuk  melakukan  percobaan  dan  penelitian.
         (Random House Webster's,  2000).
                 Secara garis besar laboratorium mempunyai fungsi antara
         lain  sebagai  tempat  untuk:  1)  mempraktekkan  dan  memahami
         konsep-konsep  yang  telah  dipelajari  sebelumnya  di  kelas  atau  di
         tempat  kuliah;  2)  memantapkan  pengetahuan  yang  telah  dimiliki
         dan  menemukan  konsep-konsep  dan  prinsip-prinsip  yang  baru;
         3) mengembangkan metode pengajaran dalam bidang  IPA;  dan 4)
         melakukan penelitian,  baik dalam bidang keilmuan maupun dalam
         metode pengajarannya.
                Beberapa    tujuan   yang   dapat   dicapai   dengan
         menggunakan  laboratorium  sebagai  arena  untuk  belajar,  antara
         lain seperti berikut.
         1.  Belajar  di  laboratorium  dengan  tujuan  untuk  mencocokkan
             apa  yang  diperoleh  secara  teoretis  dari  kegiatan  di  kelas
             dengan kenyataan hasil uji coba dalam eksperimen.
         2.  Kegiatan laboratorium yang sifatnya duplikatif.
             Kegiatan  ini menirukan apa  yang  pernah dikerjakan orang lain
             (pakar) dengan tujuan untuk memperoleh data yang sama.
         3.  Kegiatan  yang  sifatnya  verifikatif.  Dalam  hal  ini  kegiatan
             laboratorium  dimanfaatkan  untuk  melakukan  verifikasi  atau
             pembuktian,  apakah  data  yang  diperoleh  para  ahli  memang
             benar telah  teruji  dan  akan  memberikan hasil  yang  sama,  bila
             dilakukan oleh orang lainnya
         4.  Kegiatan  yang  sifatnya  eksploratif  Kegiatan  ini  bertujuan
             untuk  memperoleh  fenomena  baru  dengan  menggunakan
             rencana  yang  disusun  secara  sistematik.  Adapun  langkah-
             langkah  yang  disusun  adalah  bertahap  dimulai  dari  a)
             identifikasi  masalah;  b)  merumuskan  masalah;  c)  menyusun



                                                                 295
   299   300   301   302   303   304   305   306   307   308   309