Page 290 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 290

PENDIDIKAN TINGGI  JARAK JAUH



        inilah  yang  membedakan  program  PBK  dengan  program
        pembelajaran yang  menggunakan media lainnya.
               Berbagai  upaya  pengembangan  program  PBK  dengan
        strategi  tertentu  dapat  menghasilkan  proses  yang  maksimal.
        Program  PBK  dapat  digunakan  untuk  menerapkan  strategi
        remediasi  kesalahan  (Surjono  H. D.,  1999).  Dengan  menerapkan
        strategi tersebut,  dapat dibuktikan  bahwa  prestasi  belajar peserta
        didik  yang  menggunakan  PBK  dapat  lebih  baik  dibandingkan
        dengan  peserta  didik  yang  hanya  menggunakan  bahan  ajar
        tercetak.
               Selain  itu,  dengan  berbagai  pendekatan  model,  seperti
        model  insentif,  model  konteks,  dan  model  kepadatan  menurut
        Candiasa  (2000)  penggunaan  program  PBK  dapat  meng-
        akomodasi   perbedaan    individu   peserta   didik.   Hal   ini
        dimungkinkan,  karena  komputer  mempunyai  kemampuan  untuk
        memberikan  infomasi  yang  berbeda  kepada  setiap  respons  yang
        diterima  dari  pengguna.  Kemampuan  ini  dapat  dimanfaatkan
        sebagai  pertimbangan  dalam  menyusun  program  PBK  untuk
        mengadaptasikan  perbedaan  individu  peserta  didik.  Upaya  untuk
        mewujudkan atau merancang agar program yang dihasilkan dapat
        mengakomodasi  perbedaan  peserta  didik  secara  individu.
        merupakan  proses  yang  amat  penting  dalam  menyusun  desain
        program   PBK    Kesesuaian    materi   pembelajaran   (yang
        disampaikan  dengan  menggunakan  pendekatan  atau  strategi
        tertentu  dalam  program  PBK)  dengan  individu  peserta  didik,  baik
        menyangkut  kemampuan,  latar  belakang  kehidupan,  minat,  hobi.
        gaya  belajar.  atau  karakteristik peserta didik lainnya,  akan sangat
        memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran.
               Tidak  tertutup  kemungkinan,  bahwa  untuk  melakukan
        bimbingan  terhadap  proses  belajar  peserta  didik  secara  individu
        dan  mandiri  dapat  saja  dilakukan  melalui  program  PBK  Hal  ini
        dimungkinkan  karena  program  PBK,  seperti  yang  dikemukakan



                                                                281
   285   286   287   288   289   290   291   292   293   294   295