Page 290 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 290
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
inilah yang membedakan program PBK dengan program
pembelajaran yang menggunakan media lainnya.
Berbagai upaya pengembangan program PBK dengan
strategi tertentu dapat menghasilkan proses yang maksimal.
Program PBK dapat digunakan untuk menerapkan strategi
remediasi kesalahan (Surjono H. D., 1999). Dengan menerapkan
strategi tersebut, dapat dibuktikan bahwa prestasi belajar peserta
didik yang menggunakan PBK dapat lebih baik dibandingkan
dengan peserta didik yang hanya menggunakan bahan ajar
tercetak.
Selain itu, dengan berbagai pendekatan model, seperti
model insentif, model konteks, dan model kepadatan menurut
Candiasa (2000) penggunaan program PBK dapat meng-
akomodasi perbedaan individu peserta didik. Hal ini
dimungkinkan, karena komputer mempunyai kemampuan untuk
memberikan infomasi yang berbeda kepada setiap respons yang
diterima dari pengguna. Kemampuan ini dapat dimanfaatkan
sebagai pertimbangan dalam menyusun program PBK untuk
mengadaptasikan perbedaan individu peserta didik. Upaya untuk
mewujudkan atau merancang agar program yang dihasilkan dapat
mengakomodasi perbedaan peserta didik secara individu.
merupakan proses yang amat penting dalam menyusun desain
program PBK Kesesuaian materi pembelajaran (yang
disampaikan dengan menggunakan pendekatan atau strategi
tertentu dalam program PBK) dengan individu peserta didik, baik
menyangkut kemampuan, latar belakang kehidupan, minat, hobi.
gaya belajar. atau karakteristik peserta didik lainnya, akan sangat
memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran.
Tidak tertutup kemungkinan, bahwa untuk melakukan
bimbingan terhadap proses belajar peserta didik secara individu
dan mandiri dapat saja dilakukan melalui program PBK Hal ini
dimungkinkan karena program PBK, seperti yang dikemukakan
281