Page 291 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 291
Krisnadi, Pembelajaran Berbantuan ....
oleh Kaput dan Thompson (1994), adalah bentuk pembelajaran
yang memberikan peran komputer sebagai pengajar. Dalam arti,
komputer mempunyai kemampuan untuk menggantikan peran
pengajar dalam proses pembelajaran di kelas.
Proses pembimbingan yang dimaksud dalam program ini
adalah upaya untuk membantu peserta didik dalam mengatasi
suatu permasalahan yang biasa dihadapi pada saat mengerjakan
atau menyelesaikan soal terkait, dengan menggunakan konsep-
konsep yang relevan. Selain itu, bantuan juga dapat diberikan
untuk menjelaskan konsep-konsep yang masih abstrak. Dengan
kemampuan dan kelebihan yang ada pada komputer melalui
program PBK, konsep-konsep yang masih abstrak dapat
dijelaskan melalui ilustrasi atau visualisasi sehingga menjadi
konkret.
Keputusan pendekatan strategi tersebut diambil, karena
sebagian besar pengajar yang terlibat dalam sistem belajar jarak
jauh mengalami kekecewaan karena sebagian besar peserta didik
tidak dapat memecahkan atau menyelesaikan soal dengan baik
pada saat menghadapi ujian. Ternyata hanya sebagian kecil
peserta didik yang dapat mengerjakan soal dengan baik,
sedangkan sebagian besar peserta tidak mengetahui apa yang
harus dikerjakannya
Yang menjadi dasar pertimbangan selanjutnya adalah
bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran, peserta didik terlalu
pasif. Hal ini terlihat dari pengamatan saat berlangsungnya proses
tutorial/pembelajaran tatap muka yang diselenggarakan
Universitas Terbuka (UT). Selain itu, terdapat tiga informasi yang
dapat dijadikan pula sebagai dasar pertimbangan, yaitu: pertama,
peserta didik tidak cukup mempersiapkan diri dalam belajar
secara mandiri; kedua, keterangan atau penjelasan atas materi
yang dituangkan dalam bahan ajar kadang tidak lengkap dan
terlalu abstrak; ketiga, dalam mengerjakan latihan atau soal-soal
282