Page 287 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 287
Krisnadi, Pembelajaran Berbantuan ....
memecahkan masalah, serta menuntut peserta didik untuk
berpikir legis dan sistematis. Program-program interaktif
berbentuk pemecahan masalah memberi kesempatan kepada
peserta didik untuk memecahkan masalah yang diajukan.
Menurut metode ini, penyajian program pembelajaran dapat
dibedakan menjadi 2 (dua) jenis, berdasarkan cara yang
digunakan oleh pengguna program pada waktu memberi
respons. Cara yang pertama, peserta didik merumuskan
sendiri solusi masalah yang ditampilkan lewat komputer
dengan memasukkan program ke dalamnya. Sedangkan
untuk cara yang kedua, komputerlah yang menyediakan
jawaban-jawaban yang harus dipilih oleh peserta didik.
Jawaban-jawaban yang dibuat pada metode ini sedapat
mungkin jawaban respons peserta didik terhadap masalah-
masalah yang ditayangkan komputer. Jadi, dalam menyajikan
model pembelajaran menurut pola ini, peran pemecah
masalah dikendalikan komputer.
Program interaktif berbentuk pemecahan masalah sangat
tepat digunakan dalam mata kuliah sains dan teknologi,
walaupun tidak tertutup kemungkinan untuk diterapkan pada
mata kuliah nonesakta (ilmu sosial).
Dalam program PBK, bentuk-bentuk yang telah
dikemukakan tersebut sebenarnya ada yang tidak dapat
dipisahkan satu sama lain. Misalnya, program yang berbentuk
permainan cenderung memuat soal-soal atau permasalahan
yang harus dipecahkan melalui praktik dan pengulangan oleh
peserta didik. Demikian pula halnya dengan program
pembelajaran tutorial yang memuat latihan untuk memperkuat
pemahaman siswa terhadap suatu materi pembelajaran.
Selain itu, untuk menghindari adanya kemonotonan,
program dapat pula menggabungkan bentuk-bentuk interaksi
278