Page 285 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 285

Krisnadi,  Pembelajaran  Berbanwan ....



            ini,  pilot  seakan-akan  dapat  menaikkan  atau  menurunkan
            pesawat tanpa harus menghadapi resiko jatuhnya pesawat.
            Sejumlah  program  komputer juga  telah  berhasil  mewujudkan
            simulasi  dalam  mata  pelajaran  kimia,  matematika,  dan  fisika.
            Simulasi  pada  pelajaran  kimia  telah  memungkinkan  peserta
            didik  melakukan  percobaan  tanpa  resiko  terkena  langsung
            bahan  kimia  beracun,  sedangkan  pada  pelajaran  fisika
            peserta  didik  dapat  mengamati  gerak  lintas  peluru  yang
            ditembakkan dengan kecepatan dan sudut elevasi tertentu.


        4.  Permainan

            Rancangan    pembelajaran   yang    didesain   berbentuk
            permainan  merupakan  teknik  yang  sangat  memotivasi  siswa
            untuk belajar, khususnya untuk mempelajari isi pelajaran yang
            sifatnya  melelahkan  dan  berulang-ulang.  Metode  ini  di  dalam
            rancangannya  mempersiapkan  suatu  lingkungan,  sehingga
            peserta didik dapat bermain dengan berpatokan  pada  aturan-
            aturan  tertentu  untuk  mencapai  tujuan  yang  sifatnya
            menantang.  Namun  demikian,  informasi  ini  akan  bersifat
            instruksional  apabila  pengetahuan  dan  keterampilan  yang
            terdapat  di  dalamnya  memiliki  daya  tarik  dan  mengandung
            unsur-unsur  pembelajaran.   Sebuah  permainan  disebut
            mengandung  pembelajaran,  apabila  di  dalamnya  terdapat
            tujuan  pembelajaran  yang  harus  dicapai.  Metode  permainan
            ini  sering  meminta  peserta  didik  untuk  menggunakan
            keterampilannya   dalam   memecahkan     masalah   atau
            mendemonstrasikan  penguasaan  isi  pelajaran  spesifik  yang
            membutuhkan tingkat akurasi dan efisiensi yang tinggi.
            Contoh  permainan  yang  bersifat  pembelajaran  adalah
            permainan  dalam  membuat  keputusan  pada  bidang  studi
            manajemen.  Dalam  permainan  ini,  orang  yang  paling  banyak



        276
   280   281   282   283   284   285   286   287   288   289   290