Page 285 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 285
Krisnadi, Pembelajaran Berbanwan ....
ini, pilot seakan-akan dapat menaikkan atau menurunkan
pesawat tanpa harus menghadapi resiko jatuhnya pesawat.
Sejumlah program komputer juga telah berhasil mewujudkan
simulasi dalam mata pelajaran kimia, matematika, dan fisika.
Simulasi pada pelajaran kimia telah memungkinkan peserta
didik melakukan percobaan tanpa resiko terkena langsung
bahan kimia beracun, sedangkan pada pelajaran fisika
peserta didik dapat mengamati gerak lintas peluru yang
ditembakkan dengan kecepatan dan sudut elevasi tertentu.
4. Permainan
Rancangan pembelajaran yang didesain berbentuk
permainan merupakan teknik yang sangat memotivasi siswa
untuk belajar, khususnya untuk mempelajari isi pelajaran yang
sifatnya melelahkan dan berulang-ulang. Metode ini di dalam
rancangannya mempersiapkan suatu lingkungan, sehingga
peserta didik dapat bermain dengan berpatokan pada aturan-
aturan tertentu untuk mencapai tujuan yang sifatnya
menantang. Namun demikian, informasi ini akan bersifat
instruksional apabila pengetahuan dan keterampilan yang
terdapat di dalamnya memiliki daya tarik dan mengandung
unsur-unsur pembelajaran. Sebuah permainan disebut
mengandung pembelajaran, apabila di dalamnya terdapat
tujuan pembelajaran yang harus dicapai. Metode permainan
ini sering meminta peserta didik untuk menggunakan
keterampilannya dalam memecahkan masalah atau
mendemonstrasikan penguasaan isi pelajaran spesifik yang
membutuhkan tingkat akurasi dan efisiensi yang tinggi.
Contoh permainan yang bersifat pembelajaran adalah
permainan dalam membuat keputusan pada bidang studi
manajemen. Dalam permainan ini, orang yang paling banyak
276