Page 282 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 282
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
bagi pengguna. Kedua karakteristik inilah yang membedakan
program pembelajaran yang disajikan lewat PBK dari program
pembelajaran yang disajikan dengan media lainnya. Program-
program pembelajaran yang disajikan secara baik lewat PBK
terlihat lebih bermakna, karena mampu menyajikan model
pembelajaran yang bersifat interaktif.
D. Metodologi dan Peranan Program PBK dalam
Pembelajaran
Penyampaian materi dalam proses pembelajaran yang
disajikan dengan program PBK dapat melibatkan berbagai
metodologi pembelajaran. Menurut Allesi & Trollip (dalam Said,
2000), guna meletakkan dasar untuk mengerti dan
mengembangkan pembelajaran berbantuan komputer yang baik,
ada 5 (lima) metodologi utama yang dapat dikembangkan, yaitu
tutorial, latihan dan praktek, simulasi, permainan, dan tes.
Sedangkan menurut Heinich (1996), selain kelima metodologi
tersebut, dua metodologi lain dapat ditambahkan yaitu penemuan
dan pemecahan masalah.
1. Tutorial
Pada interaksi yang berbentuk tutorial, prinsip dasar langkah-
langkah memulai penyajian informasi (materi), sama halnya
pada waktu menyaJikan materi lewat tutorial tatap muka.
Dalam sajian tutorial tatap muka, biasanya tutor akan
memulai kegiatannya dengan menguraikan ruang lingkup
materi tutorial, tujuan-tujuan yang ingin dicapai, serta
menginformasikan pula hubungan topik tutorial saat disajikan
dengan topik-topik pada kegiatan tutorial yang akan datang
273