Page 282 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 282

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



        bagi  pengguna.  Kedua  karakteristik  inilah  yang  membedakan
        program  pembelajaran  yang  disajikan  lewat  PBK  dari  program
        pembelajaran  yang  disajikan  dengan  media  lainnya.  Program-
        program  pembelajaran  yang  disajikan  secara  baik  lewat  PBK
        terlihat  lebih  bermakna,  karena  mampu  menyajikan  model
        pembelajaran yang bersifat interaktif.


        D.  Metodologi dan Peranan Program PBK dalam
            Pembelajaran

               Penyampaian  materi  dalam  proses  pembelajaran  yang
        disajikan  dengan  program  PBK  dapat  melibatkan  berbagai
        metodologi  pembelajaran.  Menurut  Allesi  &  Trollip  (dalam  Said,
        2000),   guna   meletakkan   dasar   untuk   mengerti   dan
        mengembangkan  pembelajaran  berbantuan  komputer  yang  baik,
        ada  5 (lima)  metodologi  utama  yang  dapat dikembangkan,  yaitu
        tutorial,  latihan  dan  praktek,  simulasi,  permainan,  dan  tes.
        Sedangkan  menurut  Heinich  (1996),  selain  kelima  metodologi
        tersebut,  dua metodologi lain dapat ditambahkan  yaitu  penemuan
        dan pemecahan masalah.


        1.  Tutorial
            Pada  interaksi  yang  berbentuk tutorial,  prinsip dasar langkah-
            langkah  memulai  penyajian  informasi  (materi),  sama  halnya
            pada  waktu  menyaJikan  materi  lewat  tutorial  tatap  muka.
            Dalam  sajian  tutorial  tatap  muka,  biasanya  tutor  akan
            memulai  kegiatannya  dengan  menguraikan  ruang  lingkup
            materi  tutorial,  tujuan-tujuan  yang  ingin  dicapai,  serta
            menginformasikan  pula  hubungan  topik tutorial  saat disajikan
           dengan  topik-topik  pada  kegiatan  tutorial  yang  akan  datang





                                                                273
   277   278   279   280   281   282   283   284   285   286   287