Page 275 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 275

Krisnadi,  Pembelajaran Bertantuan ....



          dikemas  sedemikian  rupa,  sehingga  mempermudah  proses
          pembelajaran.
                 Pada  umumnya,  bahan  ajar yang  digunakan dalam  SPJJ
          dibagi  ke  dalam  2 (dua)  kelompok,  yaitu:  bahan  ajar cetak  (buku
          teks,  buku  materi  pokok,  buku  panduan  belajar,  buku  kerja,
          silabus,  dan  lain-lain)  dan  bahan  ajar  noncetak  (program  radio,
          program  video,  kaset  audio,  bahan  ajar  berbantuan  komputer,
          slide,  film,  dan lain-lain).
                 Pada  institusi penyelenggara SPJJ  umumnya,  bahan  ajar
          cetak  (modul)  merupakan  media  utama  yang  digunakan  untuk
          menyampaikan  materi  belajar kepada  peserta  didik.  Penggunaan
          bahan  ajar  cetak,  walaupun  tak  luput  dari  berbagai  kekurangan,
          masih   memiliki   beberapa   kelebihan   atau   keunggulan
          dibandingkan  dengan  penggunaan  bahan  ajar  noncetak.
          Pengalaman  menunjukkan  bahwa  bahan  ajar cetak dapat dibaca
          dan  dipelajari  di  mana  saja  dan  kapan  saja.  Untuk  membacanya
          tidak diperlukan alat khusus,  serta relatif lebih  mudah  pengiriman
          dan  penyimpanannya.  Namun  demikian,  dalam  era  teknologi
          informasi  dewasa  ini  dimungkinkan  pula  bahan  ajar  cetak  yang
          digunakan  dilengkapi  dengan  bahan  ajar  noncetak,  yang
          dirancang  atau  dikemas dengan  menggunakan  komputer  (media
          interaktif),  berupa  program  PBK.  Mengingat  medium  komputer
          memiliki  sejumlah  potensi  yang  dapat  dimanfaatkan  untuk
          meningkatkan "efektivitas proses pembelajaran", yaitu:
          •   memungkinkan    terjadinya   interaksi   langsung   antara
             pengguna dengan materi pembelajaran.
          •   proses  belajar  dapat  berlangsung  secara  individu  sesuai
             dengan kemampuan belajar peserta didik.
          •   mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar.
          •   dapat  memberi  umpan  balik  terhadap  respons  peserta  didik
             dengan segera, dan
          •   mampu menciptakan proses belajar yang berkesinambungan.



          266
   270   271   272   273   274   275   276   277   278   279   280