Page 275 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 275
Krisnadi, Pembelajaran Bertantuan ....
dikemas sedemikian rupa, sehingga mempermudah proses
pembelajaran.
Pada umumnya, bahan ajar yang digunakan dalam SPJJ
dibagi ke dalam 2 (dua) kelompok, yaitu: bahan ajar cetak (buku
teks, buku materi pokok, buku panduan belajar, buku kerja,
silabus, dan lain-lain) dan bahan ajar noncetak (program radio,
program video, kaset audio, bahan ajar berbantuan komputer,
slide, film, dan lain-lain).
Pada institusi penyelenggara SPJJ umumnya, bahan ajar
cetak (modul) merupakan media utama yang digunakan untuk
menyampaikan materi belajar kepada peserta didik. Penggunaan
bahan ajar cetak, walaupun tak luput dari berbagai kekurangan,
masih memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan
dibandingkan dengan penggunaan bahan ajar noncetak.
Pengalaman menunjukkan bahwa bahan ajar cetak dapat dibaca
dan dipelajari di mana saja dan kapan saja. Untuk membacanya
tidak diperlukan alat khusus, serta relatif lebih mudah pengiriman
dan penyimpanannya. Namun demikian, dalam era teknologi
informasi dewasa ini dimungkinkan pula bahan ajar cetak yang
digunakan dilengkapi dengan bahan ajar noncetak, yang
dirancang atau dikemas dengan menggunakan komputer (media
interaktif), berupa program PBK. Mengingat medium komputer
memiliki sejumlah potensi yang dapat dimanfaatkan untuk
meningkatkan "efektivitas proses pembelajaran", yaitu:
• memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara
pengguna dengan materi pembelajaran.
• proses belajar dapat berlangsung secara individu sesuai
dengan kemampuan belajar peserta didik.
• mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar.
• dapat memberi umpan balik terhadap respons peserta didik
dengan segera, dan
• mampu menciptakan proses belajar yang berkesinambungan.
266