Page 270 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 270
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
(4) Pertimbangan Jawaban. Menilai adalah proses mengevaluasi
jawaban untuk memberi umpan balik dan menyimpan data
penilaian. Hasil menilai adalah penilaian jawaban seperti guru
menilai dengan banyak kemungkinan penilaian jawaban.
Penilaian itu adalah (a) jawaban benar, ini sering disebabkan
kesalahan yang pasti bisa diduga sehingga kesalahan
tersebut harus menerima umpan balik khusus. (b) isi jawaban
bukan yang diharapkan (salah), ini berarti tidak semua
jawaban benar, atau isi yang diharapkan atau tidak
diharapkan salah, sehingga penambahan diperlukan untuk
memperjelas informasi. (c) tidak ada jawaban yang benar
atau salah, misalnya ketika program menunjukkan atau
meminta nama-nama siswa. Jawaban tidak benar atau salah
ini harus diterima jika program memerlukan siswa untuk
membuat gambar, dan siswa menjawab dengan menanyakan
arahan untuk menggambar. Jawaban tidak ada yang salah
atau benar. Program harus memberikan arahan selanjutnya.
(5) Umpan Balik;. Umpan balik adalah reaksi pada program untuk
respons siswa dan dapat dilakukan dengan beberapa cara,
yaitu memasukkan teks pesan dan ilustrasi grafik. Dalam
tutorial, tujuan umpan balik adalah agar siswa berpikir dan
dapat membandingkan dengan informasi yang lebih baik. Ada
beberapa penilaian respons, yaitu: (a) umpan balik mengikuti
format yang salah; digunakan jika formatnya salah pada
bentuk ataupun isinya seperti menggunakan huruf yang
seharusnya nomor, maka umpan balik diberikan dengan tepat
untuk memperjelas/mengarahkan format. Contohnya "guna-
kanlah nomor, tekan (return) untuk mencoba lagi" daripada
mengatakan 'jawabanmu salah", lebih baik mengatakan "coba
lagi". (b) umpan balik mengikuti; ketika respons benar,
penegasan singkat dibuat, biasanya dengan kata bagus atau
261