Page 268 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 268

PENDIDIKAN TINGGI JARAK  JAUH



                 Pemanfaatan  ilustrasi  visual  dalam  proses  pembelajaran
                 akan  meningkatkan  daya  ingat  (retensi)  siswa  terhadap
                 materi  pembelajaran.  Dewasa  ini  perangkat  lunak  baru
                 untuk mikrokomputer lebih  mudah menghasilkan gambar,
                 grafik,  dan  animasi.  Keadaan  ini  membawa  pengaruh
                 terhadap  proses  pembelajaran.  Hasil  penggunaan  grafik
                 dan  animasi  oleh  banyak  ahli  pendidikan  dapat  bersifat
                 positif dan dapat juga negatif.
                 Jika digunakan dengan sesuai,  informasi yang  bergambar
                 ternyata  membuat  proses  pembelajaran  menjadi  lebih
                 bervariasi.  Tetapi  jika  penggunaannya  tidak  sesuai,
                 informasi  bergambar  dapat  merusak.  Yang  termasuk
                 kelompok  visual  dalam  program  PBK  adalah:  grafik;
                 gambar;  dan  foto  Grafik  adalah  ilustrasi  gambar  yang
                 menunjukkan  hubungan  kuantitatif  antara  variabel  yang
                 satu  dengan  variabel  lainnya.  Bagan  adalah  representasi
                 grafis  yang  menggambarkan  hubungan  abstrak  antara
                 satu  variabel  dengan  variabel  lainnya.  Bagan  ini  sering
                 dipergunakan  untuk  memperlihatkan  alur  dari  suatu
                 aktivitas  atau  sering  disebut  bagan  alur.  Gambar adalah
                 suatu  cara  yang  paling  baik  untuk  digunakan  dalam
                 mengkomunikasikan  pengetahuan  dan  informasi.  Di
                 samping  itu,  gambar  dapat  menimbulkan  respons  siswa
                 yang   positif  terhadap  proses  pembelajaran.   Foto
                 merupakan  ilustrasi  gambar  yang  berisi  informasi  yang
                 bersifat  sangat  konkret  Grafik,  bagan,  gambar,  dan  toto
                 merupakan  sarana  visual  yang  dapat diaplikasikan  pada
                 program PBK.
             c)  Penyajian  lnformasi Melalui Animasi.  Penyajian  informasi
                 melalui  animasi  memungkinkan  komputer  memperaga-
                 kan  perubahan-perubahan,  proses,  dan  prosedur  seperti
                 yang dapat dilakukan oleh beberapa media lain.



                                                                  259
   263   264   265   266   267   268   269   270   271   272   273