Page 269 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 269
Said, Pengembangan Strategi Pembelajaran Berbantuan ....
(3) Pertanyaan dan Jawaban. Cara umum dalam melakukan
interaksi dengan siswa yaitu program memberikan pertanyaan
kepada siswa, dan siswa harus menjawabnya. Pertanyaan
yang diajukan terhadap siswa bertujuan agar siswa tetap
memperhatikan pelajaran dengan cara memberikan semangat
kepada siswa untuk mengerjakan latihan. Dilakukan
pencatatan program tentang seberapa baik siswa dapat
mengingat dan mengerti isi informasi yang sudah diberikan.
Pertanyaan harus dilakukan berulang-ulang; pengenalan
informasi yang panjang dengan kombinasi pertanyaan adalah
hal yang baik. Semakin banyak siswa berinteraksi dengan
program ini, maka semakin banyak perhatian yang diberikan
sehingga lebih banyak siswa yang terlibat dalam proses
pembelajaran. Siswa memilih respons yang benar, yaitu
benar/salah atau respons dari daftar. Beberapa ahli
perancang pembelajaran menggunakan grafik dalam
pertanyaan-pertanyaan, baik sebagai isi dari pertanyaan,
maupun sebagai isyarat atau petunjuk.
Sebaiknya pertanyaan menarik minat siswa agar tetap aktif.
Pertanyaan biasanya muncul sebelum atau setelah informasi
dilihat Jika pertanyaan diberikan sebelum informasi
diperlihatkan, siswa belajar tentang informasi secara terarah.
pertanyaan yang dilakukan setelah informasi diperlihatkan
mengarahkan siswa untuk mempelajari semua materi yang
disediakan. Pertanyaan yang pendek bertujuan menghindari
jawaban yang salah persepsi sehingga mudah dinilai.
Selanjutnya model respons yang berkualitas dalam program
PBK ini adalah memasukkan respons yang ada ke dalam
program. Respons tersebut dimasukkan dengan cara
mengetik pada papan ketik (keyboard) atau mengklik dengan
mouse. Jumlah dari ketikan respons harus ditampilkan
seperlunya
260