Page 269 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 269

Said,  Pengembangan  Strategi  Pembelajaran  Berbantuan ....



          (3)  Pertanyaan  dan  Jawaban.  Cara  umum  dalam  melakukan
              interaksi dengan siswa yaitu program memberikan pertanyaan
              kepada  siswa,  dan  siswa  harus  menjawabnya.  Pertanyaan
              yang  diajukan  terhadap  siswa  bertujuan  agar  siswa  tetap
              memperhatikan pelajaran dengan cara memberikan semangat
              kepada   siswa   untuk   mengerjakan   latihan.   Dilakukan
              pencatatan  program  tentang  seberapa  baik  siswa  dapat
              mengingat  dan  mengerti  isi  informasi  yang  sudah  diberikan.
              Pertanyaan  harus  dilakukan  berulang-ulang;  pengenalan
              informasi  yang  panjang  dengan  kombinasi  pertanyaan adalah
              hal  yang  baik.  Semakin  banyak  siswa  berinteraksi  dengan
             program  ini,  maka  semakin  banyak  perhatian  yang  diberikan
              sehingga  lebih  banyak  siswa  yang  terlibat  dalam  proses
             pembelajaran.  Siswa  memilih  respons  yang  benar,  yaitu
              benar/salah  atau  respons  dari  daftar.  Beberapa  ahli
             perancang    pembelajaran   menggunakan    grafik   dalam
             pertanyaan-pertanyaan,  baik  sebagai  isi  dari  pertanyaan,
             maupun sebagai isyarat atau petunjuk.
             Sebaiknya  pertanyaan  menarik  minat  siswa  agar  tetap  aktif.
             Pertanyaan  biasanya  muncul  sebelum  atau  setelah  informasi
             dilihat   Jika   pertanyaan   diberikan   sebelum   informasi
             diperlihatkan,  siswa  belajar tentang  informasi  secara  terarah.
             pertanyaan  yang  dilakukan  setelah  informasi  diperlihatkan
             mengarahkan  siswa  untuk  mempelajari  semua  materi  yang
             disediakan.  Pertanyaan  yang  pendek  bertujuan  menghindari
             jawaban yang salah persepsi sehingga mudah dinilai.
             Selanjutnya  model  respons  yang  berkualitas  dalam  program
             PBK  ini  adalah  memasukkan  respons  yang  ada  ke  dalam
             program.  Respons  tersebut  dimasukkan  dengan  cara
             mengetik pada  papan  ketik (keyboard)  atau  mengklik dengan
             mouse.  Jumlah  dari  ketikan  respons  harus  ditampilkan
             seperlunya



          260
   264   265   266   267   268   269   270   271   272   273   274