Page 265 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 265

Said,  Pengembangan  Strategi Pembelajaran  Berbantuan ....



             kan  sebagai  salah  satu  cara  untuk  meningkatkan  motivasi
             siswa.  Tujuan  yang  ditulis  dengan  jelas  membantu  siswa
             untuk  lebih  mudah  mempersiapkan  diri  dalam  mencapai  apa
             yang menjadi tujuannya.
             Di  samping  itu,  pada  permulaan  pelajaran  ada  "petunjuk"
             yang  dapat  digunakan  oleh  siswa  secara  berkala.  Tanpa
             adanya  petunjuk,  kemungkinan  besar kegiatan  pembelajaran
             gagal.  Siswa  yang  memiliki  petunjuk  belajar  sekurang-
             kurangnya  memiliki  kesempatan  untuk  lebih  berhasil.  Dalam
             proses pembelajaran awal,  biasanya  banyak siswa  yang  tidak
             membaca  petunjuk.  Kemungkinan  hal  ini  disebabkan  oleh
             faktor  penghematan  waktu  dan  siswa  selalu  melewatinya.
             Petunjuk be/ajar benar-benar disiapkan,  agar mempermudah/
             memperlancar  siswa  menggunakan  papan  ketik  (key  board)
             dan  mouse tanpa  ada  masalah.  Di  dalam  Program  PBK yang
             berkualitas,  petunjuk  diberikan  pada  awal  pembelajaran  dan
             tetap  diberikan  secara  terus-menerus.  Petunjuk  dapat
             diberikan  di  dalam  program  komputer  dan  ditambah  dengan
             bantuan guru atau tutor.
             Dalam mengembangkan Program PBK,  strategi pembelajaran
             yang  digunakan  harus  dapat  meningkatkan  motivasi.  Empat
             faktor  yang  relevan  untuk  menciptakan  pembelajaran  yang
             dapat  meningkatkan  motivasi,  yaitu;  (a)  perhatian;  (b)
             relevansi;  (c)  keyakinan;  dan  (d)  kepuasan,  yang  biasa
             disebut ARCS Models (Attention,  Relevance,  Confidence dan
             Satisfaction).
             (a)  Perhatian  tidak  selalu  harus  diperoleh  di  awal  pelajaran
                 tetapi  harus dipertahankan sepanjang  proses  pembelajar-
                 an  berlangsung.  Rasa  ingin  tahu  adalah  salah  satu  cara
                 untuk mempertahankan perhatian.
             (b)  Re/evansi  memperlihatkan  pada  siswa  apakah  yang
                 sedang  mereka  pelajari  akan  berguna  bagi  mereka.



         256
   260   261   262   263   264   265   266   267   268   269   270