Page 265 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 265
Said, Pengembangan Strategi Pembelajaran Berbantuan ....
kan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan motivasi
siswa. Tujuan yang ditulis dengan jelas membantu siswa
untuk lebih mudah mempersiapkan diri dalam mencapai apa
yang menjadi tujuannya.
Di samping itu, pada permulaan pelajaran ada "petunjuk"
yang dapat digunakan oleh siswa secara berkala. Tanpa
adanya petunjuk, kemungkinan besar kegiatan pembelajaran
gagal. Siswa yang memiliki petunjuk belajar sekurang-
kurangnya memiliki kesempatan untuk lebih berhasil. Dalam
proses pembelajaran awal, biasanya banyak siswa yang tidak
membaca petunjuk. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh
faktor penghematan waktu dan siswa selalu melewatinya.
Petunjuk be/ajar benar-benar disiapkan, agar mempermudah/
memperlancar siswa menggunakan papan ketik (key board)
dan mouse tanpa ada masalah. Di dalam Program PBK yang
berkualitas, petunjuk diberikan pada awal pembelajaran dan
tetap diberikan secara terus-menerus. Petunjuk dapat
diberikan di dalam program komputer dan ditambah dengan
bantuan guru atau tutor.
Dalam mengembangkan Program PBK, strategi pembelajaran
yang digunakan harus dapat meningkatkan motivasi. Empat
faktor yang relevan untuk menciptakan pembelajaran yang
dapat meningkatkan motivasi, yaitu; (a) perhatian; (b)
relevansi; (c) keyakinan; dan (d) kepuasan, yang biasa
disebut ARCS Models (Attention, Relevance, Confidence dan
Satisfaction).
(a) Perhatian tidak selalu harus diperoleh di awal pelajaran
tetapi harus dipertahankan sepanjang proses pembelajar-
an berlangsung. Rasa ingin tahu adalah salah satu cara
untuk mempertahankan perhatian.
(b) Re/evansi memperlihatkan pada siswa apakah yang
sedang mereka pelajari akan berguna bagi mereka.
256