Page 261 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 261
Said, Pengembangan Strategi Pembelajaran Berbantuan ....
tradisional. Apabila perancang pembelajaran menginginkan
program komputer sepenuhnya bertanggung jawab untuk UKP
secara keseluruhan, maka empat fase pembelajaran tersebut
dirancang di dalam program tersebut. Menurut Alessi & Trollip
(1991) hal ini jarang dilakukan.
2. Metode Pembelajaran (MP)
Yang dimaksud dengan Metode Pembelajaran dalam
proses pembelajaran pada umumnya adalah prosedur
pembelajaran yang dipilih untuk membantu siswa mencapai
tujuan atau internalisasi isi bahan pelajaran atau pesan. MP
mencakup semua cara yang dapat dipakai untuk mencapai tujuan
pembelajaran dalam kondisi tertentu. Menurut Suparman (1996),
MP adalah cara menyajikan (menguraikan, memberi contoh, dan
memberi latihan) isi pelajaran kepada siswa untuk mencapai
tujuan tertentu. MP juga diartikan sebagai prosedur yang
digunakan guru dalam melakukan interaksi dengan siswa pada
saat proses pembelaJaran berlangsung.
Guru yang efektif selalu menggunakan MP secara
bervariasi di dalam proses pembelajarannya. Setiap langkah pada
UKP menggunakan satu atau kombinasi dari beberapa MP.
Penggunaan variasi MP, selain tidak membosankan dalam hal
tertentu dapat membantu guru. Di samping itu, setiap MP
mempunyai karakteristik tertentu dengan segala kelebihan dan
kekurangannya. Pemilihan MP didasarkan pada kajian hasil
antara perilaku yang diharapkan dengan MP yang akan
digunakan.
Terdapat kaitan yang erat antara MP yang digunakan
dengan tujuan pembelajaran. MP sangat menentukan keberhasil-
an untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, guru
yang akan melaksanakan pembelajaran harus secara kritis dan
252