Page 261 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 261

Said,  Pengembangan Strategi Pembelajaran  Berbantuan ....



          tradisional.  Apabila  perancang  pembelajaran  menginginkan
          program  komputer  sepenuhnya  bertanggung  jawab  untuk  UKP
          secara  keseluruhan,  maka  empat  fase  pembelajaran  tersebut
          dirancang  di  dalam  program  tersebut.  Menurut  Alessi  &  Trollip
          (1991) hal ini jarang dilakukan.

          2.  Metode Pembelajaran (MP)

                 Yang  dimaksud  dengan  Metode  Pembelajaran  dalam
          proses   pembelajaran   pada   umumnya     adalah   prosedur
          pembelajaran  yang  dipilih  untuk  membantu  siswa  mencapai
          tujuan  atau  internalisasi  isi  bahan  pelajaran  atau  pesan.  MP
          mencakup semua cara  yang  dapat dipakai untuk mencapai tujuan
          pembelajaran  dalam  kondisi  tertentu.  Menurut  Suparman  (1996),
          MP  adalah  cara  menyajikan  (menguraikan,  memberi contoh,  dan
          memberi  latihan)  isi  pelajaran  kepada  siswa  untuk  mencapai
          tujuan  tertentu.  MP  juga  diartikan  sebagai  prosedur  yang
          digunakan  guru  dalam  melakukan  interaksi  dengan  siswa  pada
          saat proses pembelaJaran berlangsung.
                 Guru  yang  efektif  selalu  menggunakan  MP  secara
          bervariasi di dalam proses pembelajarannya.  Setiap langkah pada
          UKP  menggunakan  satu  atau  kombinasi  dari  beberapa  MP.
          Penggunaan  variasi  MP,  selain  tidak  membosankan  dalam  hal
          tertentu  dapat  membantu  guru.  Di  samping  itu,  setiap  MP
          mempunyai  karakteristik  tertentu  dengan  segala  kelebihan  dan
          kekurangannya.  Pemilihan  MP  didasarkan  pada  kajian  hasil
          antara  perilaku  yang  diharapkan  dengan  MP  yang  akan
          digunakan.
                 Terdapat  kaitan  yang  erat  antara  MP  yang  digunakan
          dengan  tujuan  pembelajaran.  MP  sangat menentukan  keberhasil-
          an  untuk  mencapai  tujuan  pembelajaran.  Oleh  karena  itu,  guru
          yang  akan  melaksanakan  pembelajaran  harus  secara  kritis  dan




          252
   256   257   258   259   260   261   262   263   264   265   266