Page 256 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 256
PENDIDIKAN TINGGI JARAK )AUH
itu, program dapat menguji dan mengarahkan siswa dalam
mempelajari seluruh materi yang diprogramkan. Sejarah kinerja
siswa dapat dikumpulkan dan disimpan dalam memori program
tersebut. Pada suatu saat yang diperlukan, memori yang ada
dalam program dapat digunakan untuk mengevaluasi materi
pelajaran. Selanjutnya memori dapat mengarahkan langkah-
langkah yang harus dilakukan siswa dalam mempelajari materi
tersebut. Siswa dapat maju dengan berbagai kecepatan dan
setiap saat dapat menginterupsi.
Pemanfaatan program komputer sebagai tutor dapat
memperkaya proses pembelajaran dalam kelas dan di luar kelas.
Di samping itu, jika komputer berfungsi sebagai tutor, para siswa
dan guru tidak diharuskan untuk belajar banyak tentang
bagaimana sistem komputer bekerja. Sehingga dalam proses
pembelajaran yang terjadi, guru hanya perlu memiliki
keterampilan bagaimana tentang menggunakan komputer.
Dewasa ini, PBK telah banyak dikembangkan untuk dunia
pendidikan, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Peranan komputer
sebagai tutor sangat bermanfaat terutama untuk para siswa.
Pemanfaatannya memberi keuntungan terutama dalam hal
penghematan waktu. Program ini dapat melayani berbagai tujuan
dan dapat melibatkan para siswa untuk berpikir kritis dan lebih
rasional. Di samping itu, program pembelajaran ini dapat
membuat berbagai model termasuk model tutorial. Meminjam
istilah Landa, perilaku komputer ini mirip dengan perilaku "Asisten
Pengajar yang Kompeten".
B. Strategi Pembelajaran Berbantuan Komputer
Salah satu keterampilan dalam proses pembelajaran
yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah keterampilan
menggunakan strategi pembelajaran yang tepat. Keterampilan ini
247