Page 256 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 256

PENDIDIKAN TINGGI JARAK )AUH



         itu,  program  dapat  menguji  dan  mengarahkan  siswa  dalam
         mempelajari  seluruh  materi  yang  diprogramkan.  Sejarah  kinerja
         siswa  dapat  dikumpulkan  dan  disimpan  dalam  memori  program
         tersebut.  Pada  suatu  saat  yang  diperlukan,  memori  yang  ada
         dalam  program  dapat  digunakan  untuk  mengevaluasi  materi
         pelajaran.  Selanjutnya  memori  dapat  mengarahkan  langkah-
         langkah  yang  harus  dilakukan  siswa  dalam  mempelajari  materi
         tersebut.  Siswa  dapat  maju  dengan  berbagai  kecepatan  dan
         setiap saat dapat menginterupsi.
                 Pemanfaatan  program  komputer  sebagai  tutor  dapat
         memperkaya proses pembelajaran dalam kelas dan  di  luar kelas.
         Di  samping  itu,  jika  komputer berfungsi  sebagai tutor,  para  siswa
         dan  guru  tidak  diharuskan  untuk  belajar  banyak  tentang
         bagaimana  sistem  komputer  bekerja.  Sehingga  dalam  proses
         pembelajaran   yang   terjadi,   guru   hanya   perlu   memiliki
         keterampilan bagaimana tentang menggunakan komputer.
                 Dewasa ini,  PBK telah banyak dikembangkan untuk dunia
         pendidikan,  ilmu  pengetahuan,  dan  teknologi.  Peranan  komputer
         sebagai  tutor  sangat  bermanfaat  terutama  untuk  para  siswa.
         Pemanfaatannya  memberi  keuntungan  terutama  dalam  hal
         penghematan waktu.  Program  ini  dapat melayani berbagai tujuan
         dan  dapat  melibatkan  para  siswa  untuk  berpikir  kritis  dan  lebih
         rasional.  Di  samping  itu,  program  pembelajaran  ini  dapat
         membuat  berbagai  model  termasuk  model  tutorial.  Meminjam
         istilah Landa,  perilaku  komputer ini mirip dengan perilaku "Asisten
         Pengajar yang  Kompeten".

         B.  Strategi Pembelajaran Berbantuan Komputer

                Salah  satu  keterampilan  dalam  proses  pembelajaran
         yang  harus  dimiliki  oleh  seorang  guru  adalah  keterampilan
         menggunakan strategi  pembelajaran  yang  tepat.  Keterampilan  ini




                                                                 247
   251   252   253   254   255   256   257   258   259   260   261