Page 260 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 260

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



         tidak  akan  menjamin  siswa  dapat  mengingatnya  kembali.  Oleh
         karena  itu,  praktik  yang  berulang-ulang  perlu  dilakukan  siswa,
         agar  siswa  dapat  menguasai  informasi  dengan  baik.  Seringkali
         program  mengawasi  siswa  dan  membuat  koreksi  ketika
         ditemukan  kesalahan.  Hal  ini  sejalan  dengan  apa  yang  dikatakan
         oleh  Heinich  (1996)  bahwa  satu  di  antara  efek  yang  paling
         berpengaruh  dalam  keseluruhan  proses  pembelajaran  adalah
         berupa  latihan  mempraktikkan  dengan  umpan  balik.  Umpan  balik
         yang  dimaksud  adalah  pemberian  informasi  terhadap  siswa
         tentang  latihan  yang  mereka  lakukan.  Umpan  balik  juga  bisa
         diberikan dalam bentuk penguatan (reinforcement).
                 Fase keempat menilai pembe/ajaran siswa.  Pada fase ini
         guru  melihat  pencapaian  siswa  dari  tiga  fase  sebelumnya.  Tiga
         fase  pertama  adalah  tahap  proses  pembelajaran  berlangsung
         Guru  tidak  boleh  berasumsi  bahwa  semua  siswa  akan  berhasil
         dalam  proses  pembelaJarannya.  Untuk  mengantisipasi  keadaan
         ini,  pembelajaran  siswa  harus  dinilai  melalui  tes.  Melakukan  tes
         adalah  salah  satu  bagian  penting  dalam  proses  pembelajaran.
         Tes  memberi  informasi  mengenai  tingkat  pembelajaran,  kualitas
         pengajaran,  dan  kebutuhan  pengajaran  di  kemudian  hari.  Tes
         merupakan  alat  bimbingan  pengajaran  untuk  menentukan
         keputusan  apakah  siswa  berhasil  atau  tidak.  Pemberian  tes
         kepada  siswa  biasanya  dilakukan  di  dalam  kelas.  Namun,
         pemberian tes  kepada  siswa  dapat juga diterapkan dalam  proses
         PBK.  Walaupun  demikian,  program  PBK  tidak  harus  memenuhi
         keempat fase pembelajaran tersebut.
                Komputer adalah  salah  satu  unsur di  dalam suatu  proses
         pembelajaran  yang  menjalankan  fungsi  bersama  dengan  guru
         dan  media  pembelajaran  lain.  Program  PBK  ini  mungkin
         menyajikan  kombinasi  dari  empat  fase  tersebut.  Meskipun
         demikian,  PBK  akan  lebih  efektif  jika  digunakan  pada  tiga  fase
         pertama,  sedangkan  pada  fase  keempat  digunakan  cara



                                                                 251
   255   256   257   258   259   260   261   262   263   264   265