Page 263 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 263

Said,  Pengembangan  Strategi Pembelajaran  Berbantuan ....



                 Berdasarkan  MP  di  atas  dipilih  salah  satu  metode  yaitu
          metode  tutorial  dan  selanjutnya  akan  dijelaskan  tentang  MP
          tersebut.

          Metode Pembelajaran Tutorial

                 Tutorial  adalah  salah  satu  jenis  metode  pembelajaran
          yang  digunakan  dalam  proses  PBK.  Dalam  interaksi  tutorial  ini,
          informasi  dan  pengetahuan  yang  disajikan  sangat  komunikatif.
          Biasanya  tutor  memberikan  pengarahan  secara  langsung  dan
          berdiri  di  samping  siswa.  Heinich  (1996) menyatakan  bahwa
          komputer  merupakan  media  yang  tepat  jika  digunakan  sebagai
          pengganti  fungsi  tutor.  Hal  ini  disebabkan  komputer  memiliki
          kemampuan  sebagai  medium  interaktif.  Tutorial  dimulai  dengan
          aktivitas-aktivitas  yang  dirancang  untuk mengarahkan  agar siswa
          siap  menerima  pelajaran  pada  layar  monitor.  Kegiatan  ini
          dilengkapi  dengan  menampilkan  gambar-gambar  yang  menarik,
          grafik,  dan  menggunakan  musik.  Tujuannya  agar  siswa
          termotivasi untuk belajar selama pembelajaran berlangsung.
                 Dalam  proses  PBK  yang  menggunakan  MP  tutorial,
          penyajian  informasi  dan  pengetahuan  dilakukan  dalam  unit-unit
          kecil.  Penyajian  isi  memuat pertanyaan-pertanyaan  atau  masalah
          yang  menuntut respons siswa,  analisis respons,  umpan balik,  dan
          penyiapan  praktik  sampai  siswa  menunjukkan tingkat kompetensi
          yang  telah  ditentukan.  MP  tutorial  yang  efektif menyajikan  cara-
          cara  untuk  mengingat  informasi  baru  atau  menjadikan  informasi
          yang  terus-menerus dipelajari sebagai  dasar agar siswa  mengerti
          dan  dapat  mengembangkannya  lebih  lanjut.  Program  PBK  yang
          berkualitas  memerlukan  suatu  susunan  dan  urutan  pembelajaran
          yang sistematis seperti yang terlihat dalam gambar berikut ini.








          254
   258   259   260   261   262   263   264   265   266   267   268