Page 250 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 250
PENDIDIKAN TINGGI JARAK )AUH
praktek kemampuan profesional dilaksanakan untuk mengukur
keterampilan peserta didik dalam melaksanakan pekerjaan sesuai
dengan bidang studi yang ditekuni.
Alat evaluasi dikembangkan berdasarkan tujuan
pembelajaran dan karakteristik materi. Berdasarkan taksonomi
Bloom, terdapat tiga domain kemampuan, yaitu kognitif
(pengetahuan), afektif (nilai dan sikap), dan psikomotorik
(keterampilan). Setiap domain kemampuan menuntut alat
evaluasi yang berbeda. Kemampuan kognitif diukur melalui tes
lisan dan tulisan, sedangkan kemampuan psikomotorik diukur
melalui tes keterampilan. Sementara itu, sikap dan nilai diukur
melalui alat evaluasi non-tes. Kemampuan kognitif dan
psikomotorik sudah dapat dilaksanakan dalam sistem PJJ,
sedangkan evaluasi terhadap sikap dan nilai belum dapat
dilaksanakan, meskipun secara terbatas dapat dilaksanakan
dalam tutorial. Hal ini menunjukkan bahwa komponen
pemahaman yang direpresentasikan dalam keragaman belum
dapat diwujudkan secara penuh dalam pembelajaran jarak jauh.
C. Simpulan
Pembelajaran konstruktivistik berorientasi pada
pemberian kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat aktif
dalam proses belajar sehingga terjadi pembentukan pengetahuan.
Untuk membantu peserta didik membentuk pengetahuannya,
pengembangan bahan ajar, tutorial, dan evaluasi hendaknya
menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran konstruktivistik dengan
mewujudkan komponen-komponen pembelajaran konstruktivistik
dalam pembelajaran melalui PJJ.
Dalam pelaksanaannya, tidak semua komponen
pembelajaran konstruktivistik dapat diwujudkan dalam setiap
komponen dasar PJJ (bahan ajar, tutorial, dan evaluasi). Oleh
239