Page 250 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 250

PENDIDIKAN TINGGI  JARAK )AUH



        praktek  kemampuan  profesional  dilaksanakan  untuk  mengukur
        keterampilan  peserta didik dalam melaksanakan pekerjaan sesuai
        dengan bidang studi yang ditekuni.
               Alat   evaluasi   dikembangkan   berdasarkan   tujuan
        pembelajaran  dan  karakteristik  materi.  Berdasarkan  taksonomi
        Bloom,  terdapat  tiga  domain  kemampuan,  yaitu  kognitif
        (pengetahuan),  afektif  (nilai  dan  sikap),  dan  psikomotorik
        (keterampilan).   Setiap  domain  kemampuan  menuntut  alat
        evaluasi  yang  berbeda.  Kemampuan  kognitif  diukur  melalui  tes
        lisan  dan  tulisan,  sedangkan  kemampuan  psikomotorik  diukur
        melalui  tes  keterampilan.  Sementara  itu,  sikap  dan  nilai  diukur
        melalui  alat  evaluasi  non-tes.   Kemampuan  kognitif  dan
        psikomotorik  sudah  dapat  dilaksanakan  dalam  sistem  PJJ,
        sedangkan  evaluasi  terhadap  sikap  dan  nilai  belum  dapat
        dilaksanakan,  meskipun  secara  terbatas  dapat  dilaksanakan
        dalam  tutorial.   Hal  ini  menunjukkan  bahwa  komponen
        pemahaman  yang  direpresentasikan  dalam  keragaman  belum
        dapat diwujudkan secara penuh dalam pembelajaran jarak jauh.


        C.  Simpulan
               Pembelajaran     konstruktivistik   berorientasi   pada
        pemberian  kesempatan  kepada  peserta  didik  untuk  terlibat  aktif
        dalam proses belajar sehingga terjadi pembentukan pengetahuan.
        Untuk  membantu  peserta  didik  membentuk  pengetahuannya,
        pengembangan  bahan  ajar,  tutorial,  dan  evaluasi   hendaknya
        menerapkan  prinsip-prinsip  pembelajaran  konstruktivistik  dengan
        mewujudkan  komponen-komponen  pembelajaran  konstruktivistik
        dalam pembelajaran melalui PJJ.
               Dalam    pelaksanaannya,   tidak   semua   komponen
        pembelajaran  konstruktivistik  dapat  diwujudkan  dalam  setiap
        komponen  dasar  PJJ  (bahan  ajar,  tutorial,  dan  evaluasi).  Oleh



                                                                239
   245   246   247   248   249   250   251   252   253   254   255