Page 249 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 249

Julaeha, Penerapan Konstruktlvisme dalam ....



         3.  Evaluasi
                 Komponen  dasar ketiga  dari  sistem  PJJ  adalah  evaluasi.
         Evaluasi  dilaksanakan  untuk  mengukur  keber-hasilan  peserta
         didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
                 Berkenaan  dengan  tujuan  evaluasi,  terdapat  dua  jenis
         evaluasi  yang  dilaksanakan,  yaitu  evaluasi  formatif dan  sumatif.
         Evaluasi  formatif,  ditujukan  untuk  perbaikan  pembelajaran,
         dilaksanakan  selama  proses  pembelajaran  berlangsung.   Alat
         evaluasi  yang  digunakan  dalam  evaluasi  formatif  adalah  tes
         tengah  semester  (atau  tugas  mandiri  di  Universitas  Terbuka),
         tugas  tutorial  untuk  mata  pelajaran  yang  menyediakan  tutorial,
         praktek,  dan  praktikum.  Sementara  itu,  evaluasi  sumatif,  yang
         ditujukan  untuk  mengukur  tingkat  penguasaan  peserta  didik
         terhadap  materi  yang  dipelajari,  dilaksanakan  pada  akhir
         semester dan  akhir program.  Ujian akhir semester,  ujian  praktek,
         ujian  praktikum,  dan  laporan  penelitian  atau  karya  ilmiah
         dilaksanakan  setiap  akhir  semester.  Sementara  itu,  penentuan
         kelulusan  peserta  didik  dalam  suatu  program  dilakukan  melalui
         ujian  komprehensif  dan  ujian  praktek  kemampuan  profesional.
         Ujian  komprehensif  dilaksanakan  untuk  mengukur  kemampuan
         peserta didik dalam  mengekspresikan persepsi  dan tuntutan dari
         bidang  yang  ditekuni.  Soal  dalam  ujian  komprehensif dirancang
         bersifat  problematik,  komprehensif,  dan  terbuka  (open-ended).
         Problematik  artinya  soal  yang  diajukan  berkenaan  dengan
         masalah   yang   harus   dipecahkan   dengan   menggunakan
         pengetahuan    dan    keterampilan   yang   telah   dipelajari.
         Komprehensif  mengacu  kepada  tuntutan  jawaban  peserta  didik
         yang  harus  mengintegrasikan  seluruh  materi  dari  berbagai  mata
         pelajaran.  Terbuka  artinya  soal  yang  diajukan  menuntut peserta
         didik  untuk  memberikan  jawaban  dari  berbagai  perspektif yang
         sesuai  dengan  rambu-rambu  pemeriksaan.  Sementara  itu,  ujian




         238
   244   245   246   247   248   249   250   251   252   253   254