Page 249 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 249
Julaeha, Penerapan Konstruktlvisme dalam ....
3. Evaluasi
Komponen dasar ketiga dari sistem PJJ adalah evaluasi.
Evaluasi dilaksanakan untuk mengukur keber-hasilan peserta
didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Berkenaan dengan tujuan evaluasi, terdapat dua jenis
evaluasi yang dilaksanakan, yaitu evaluasi formatif dan sumatif.
Evaluasi formatif, ditujukan untuk perbaikan pembelajaran,
dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung. Alat
evaluasi yang digunakan dalam evaluasi formatif adalah tes
tengah semester (atau tugas mandiri di Universitas Terbuka),
tugas tutorial untuk mata pelajaran yang menyediakan tutorial,
praktek, dan praktikum. Sementara itu, evaluasi sumatif, yang
ditujukan untuk mengukur tingkat penguasaan peserta didik
terhadap materi yang dipelajari, dilaksanakan pada akhir
semester dan akhir program. Ujian akhir semester, ujian praktek,
ujian praktikum, dan laporan penelitian atau karya ilmiah
dilaksanakan setiap akhir semester. Sementara itu, penentuan
kelulusan peserta didik dalam suatu program dilakukan melalui
ujian komprehensif dan ujian praktek kemampuan profesional.
Ujian komprehensif dilaksanakan untuk mengukur kemampuan
peserta didik dalam mengekspresikan persepsi dan tuntutan dari
bidang yang ditekuni. Soal dalam ujian komprehensif dirancang
bersifat problematik, komprehensif, dan terbuka (open-ended).
Problematik artinya soal yang diajukan berkenaan dengan
masalah yang harus dipecahkan dengan menggunakan
pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari.
Komprehensif mengacu kepada tuntutan jawaban peserta didik
yang harus mengintegrasikan seluruh materi dari berbagai mata
pelajaran. Terbuka artinya soal yang diajukan menuntut peserta
didik untuk memberikan jawaban dari berbagai perspektif yang
sesuai dengan rambu-rambu pemeriksaan. Sementara itu, ujian
238