Page 244 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 244

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



            pemahaman  peserta  didik  terhadap  materi  bahan  ajar  yang
            dibahas.  Sementara itu, tes formatif adalah tes yang diberikan
            untuk  mengukur  tingkat  pemahaman  peserta  didik  terhadap
            materi  yang  telah  dibahas.  Tes  formatif  ini  bersifat  evaluasi
            diri.  Dari  hasil  tes  formatif,  peserta  didik  akan  memperoleh
            informasi  tentang  materi  bahan  ajar  yang  telah  dan  belum
            dipahaminya.  Dalam menyusun tes formatif,  pertanyaan yang
            diajukan  harus mengukur tujuan  yang  telah  dirumuskan  serta
            materi yang ditanyakan harus benar dan logis.

            Komponen  pembelajaran  konstruktivistik  yang  seharusnya
            muncul  dalam  bagian    ini  adalah  pemahaman  yang
            direpresentasikan  dalam  keragaman.  Hal  ini  menuntut
            pengembang  bahan  ajar  untuk  mengembangkan  berbagai
            bentuk tes  formatif yang  dapat menggambarkan  pemahaman
            peserta  didik  secara  keseluruhan.   Selain  itu,  prinsip
            pembelajaran  konstruktivistik  yang  harus  diterapkan  dalam
            bagian  ini  adalah  penilaian  terhadap  kegiatan  belajar peserta
            didik  dalam  konteks  mengajar.  Berkenaan  dengan  hal  itu,
           jenis tes  yang  diberikan  tergantung  pada  tujuan  belajar yang
            diharapkan  dikuasai  oleh  peserta  didik.  Jika  tujuan  belajar
            merupakan  domain  kognitif,  maka  tes  objektif  atau  uraian
            yang  diberikan.  Jika  tujuan  belajar  berkenaan  dengan
            keterampilan,  maka tes  perbuatan  yang  dikembangkan.  Dan
           jika  tujuan  belajar  berkenaan  dengan  domain  afektif,  maka
            alat evaluasi nantes yang  akan  diberikan.  Dalam  bahan  aJar
            mandiri,  pengembang  masih  mengalami  kesulitan  untuk
            mengembangkan tes formatif yang  bersifat penilaian diri yang
            dapat  mengukur kemampuan  psikomotor  dan  afektif  peserta
            didik.






                                                                233
   239   240   241   242   243   244   245   246   247   248   249