Page 244 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 244
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
pemahaman peserta didik terhadap materi bahan ajar yang
dibahas. Sementara itu, tes formatif adalah tes yang diberikan
untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik terhadap
materi yang telah dibahas. Tes formatif ini bersifat evaluasi
diri. Dari hasil tes formatif, peserta didik akan memperoleh
informasi tentang materi bahan ajar yang telah dan belum
dipahaminya. Dalam menyusun tes formatif, pertanyaan yang
diajukan harus mengukur tujuan yang telah dirumuskan serta
materi yang ditanyakan harus benar dan logis.
Komponen pembelajaran konstruktivistik yang seharusnya
muncul dalam bagian ini adalah pemahaman yang
direpresentasikan dalam keragaman. Hal ini menuntut
pengembang bahan ajar untuk mengembangkan berbagai
bentuk tes formatif yang dapat menggambarkan pemahaman
peserta didik secara keseluruhan. Selain itu, prinsip
pembelajaran konstruktivistik yang harus diterapkan dalam
bagian ini adalah penilaian terhadap kegiatan belajar peserta
didik dalam konteks mengajar. Berkenaan dengan hal itu,
jenis tes yang diberikan tergantung pada tujuan belajar yang
diharapkan dikuasai oleh peserta didik. Jika tujuan belajar
merupakan domain kognitif, maka tes objektif atau uraian
yang diberikan. Jika tujuan belajar berkenaan dengan
keterampilan, maka tes perbuatan yang dikembangkan. Dan
jika tujuan belajar berkenaan dengan domain afektif, maka
alat evaluasi nantes yang akan diberikan. Dalam bahan aJar
mandiri, pengembang masih mengalami kesulitan untuk
mengembangkan tes formatif yang bersifat penilaian diri yang
dapat mengukur kemampuan psikomotor dan afektif peserta
didik.
233