Page 243 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 243
Julaeha, Penerapan Konstruktivisme dalam ....
tugas peserta didik akan lebih memahami pengetahuan yang
dipelajari dan melatih peserta didik mencari solusi untuk
memecahkan permasalahan yang diajukan.
Jenis latihan atau tugas yang diberikan tergantung pada
tujuan belajar yang harus dikuasai peserta didik. Jika tujuan
belajar berkenaan dengan keterampilan, maka tugas atau
latihan yang diberikan menuntut peserta didik untuk
mempraktekkan keterampilan yang dipelajarinya. Jika tujuan
belajar berkenaan dengan pengetahuan, maka latihan atau
tugas yang diberikan berbentuk masalah yang harus
dipecahkan atau penerapan pengetahuan yang dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari Jenis tugas dan latihan seperti
itu akan memungkinkan peserta didik untuk membuat kaitan
antara informasi baru dengan pengalaman sebelumnya,
meningkatkan pemahaman, dan akhirnya sampai pada
pemahaman yang baru. Dengan mengerjakan tugas dan
latihan secara mandiri. keterlibatan peserta didik dalam
belajar semakin intensif.
c. Penutup
Sesuai dengan namanya, bagian penutup terletak atau
berada pada bagian akhir setiap penggalan bahan ajar.
Bagian penutup dikembangkan untuk memantapkan
pemahaman peserta didik terhadap informasi yang dipelajari
dan untuk mengidentifikasi tujuan belajar yang telah dan
belum dikuasai oleh peserta didik. Dengan demikian, bagian
penutup bahan ajar terdiri dari rangkuman dan tes formatif.
Rangkuman adalah uraian singkat tentang saripati materi
bahan ajar yang telah dibahas secara berurutan. ringkas, dan
komunikatif. Rangkuman diberikan untuk lebih memantapkan