Page 243 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 243

Julaeha,  Penerapan Konstruktivisme dalam  ....



             tugas peserta didik akan lebih  memahami pengetahuan yang
             dipelajari  dan  melatih  peserta  didik  mencari  solusi  untuk
             memecahkan permasalahan yang diajukan.

             Jenis  latihan  atau  tugas  yang  diberikan  tergantung  pada
             tujuan  belajar yang  harus  dikuasai  peserta  didik.  Jika  tujuan
             belajar  berkenaan  dengan  keterampilan,  maka  tugas  atau
             latihan  yang  diberikan  menuntut  peserta  didik  untuk
             mempraktekkan  keterampilan  yang  dipelajarinya.  Jika tujuan
             belajar  berkenaan  dengan  pengetahuan,  maka  latihan  atau
             tugas  yang  diberikan  berbentuk  masalah  yang  harus
             dipecahkan  atau  penerapan  pengetahuan  yang  dipelajari
             dalam  kehidupan  sehari-hari  Jenis tugas  dan  latihan  seperti
             itu  akan  memungkinkan  peserta  didik  untuk  membuat  kaitan
             antara  informasi  baru  dengan  pengalaman  sebelumnya,
             meningkatkan  pemahaman,  dan  akhirnya  sampai  pada
             pemahaman  yang  baru.  Dengan  mengerjakan  tugas  dan
             latihan  secara  mandiri.  keterlibatan  peserta  didik  dalam
             belajar semakin intensif.


         c.   Penutup
             Sesuai  dengan  namanya,  bagian  penutup  terletak  atau
             berada  pada  bagian  akhir  setiap  penggalan  bahan  ajar.
             Bagian   penutup   dikembangkan    untuk   memantapkan
             pemahaman  peserta  didik  terhadap  informasi  yang  dipelajari
             dan  untuk  mengidentifikasi  tujuan  belajar  yang  telah  dan
             belum  dikuasai oleh  peserta  didik.  Dengan  demikian,  bagian
             penutup bahan ajar terdiri dari rangkuman dan tes formatif.

             Rangkuman  adalah  uraian  singkat  tentang  saripati  materi
             bahan ajar yang  telah  dibahas secara  berurutan.  ringkas,  dan
             komunikatif.  Rangkuman diberikan untuk lebih  memantapkan
   238   239   240   241   242   243   244   245   246   247   248