Page 238 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 238

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH


         media  yang  akan  digunakan,  dan  evaluasi,  baik  evaluasi  hasil
         belajar maupun  evaluasi  mata  kuliah.  Apabila  kita  kaitkan  antara
         komponen-komponen tersebut dan  komponen-komponen  pembe-
         lajaran  dengan  komponen  bahan  ajar,  maka  terdapat  tiga
         komponen  utama  dalam  bahan  ajar.  Komponen  pertama adalah
         pendahuluan,  yang  berkaitan  dengan  kegiatan  awal  dalam
         pembelajaran   di   dalamnya   terdapat   komponen    tujuan
         pembelajaran.   Komponen  kedua  adalah  sajian  materi,  yang
         merupakan  kegiatan  inti  pembelajaran.   Kegiatan  inti  pembe-
         lajaran  ini  mencakup  komponen  materi  dan  urutannya,  serta
         metode  dan  media  yang  digunakan  untuk  menyajikan  materi.
         Komponen  ketiga  adalah  penutup.   Komponen  ini  merupakan
         kegiatan   akhir  dalam   pembelajaran,   yang   di   dalamnya
         mengandung komponen evaluasi.

         a.  Pendahuluan
             Dalam    pembelajaran   tatap   muka,   pendidik   selalu
             melaksanakan  kegiatan  membuka  pelajaran  dalam  setiap
             pertemuan  dan  atau  setiap  memulai  pembelajaran  dengan
             topik  baru.  Kegiatan  membuka  pelajaran  ini  dilakukan  untuk
             menyiapkan    peserta   didik   memasuki   kegiatan   inti
             pembelajaran  serta  membangkitkan  motivasi  dan  perhatian
             peserta  didik  dalam  mengikuti  pelajaran.   Kegiatan  yang
             dapat  dilakukan  dalam  membuka  pelajaran,  di  antaranya
             mengemukakan  tujuan  dan  materi  yang  akan  dibahas,
             mengajukan  pertanyaan,  mengaitkan  materi  yang  akan
             dibahas  dengan  pengetahuan  atau  pengalaman  yang  telah
            dl'mdil<l. peseria d1'd1'k,  dan  mengaJ'ut'<an 1'de yang  6erien{angan.


            Sarna  seperti  pada  pembelajaran  tatap  muka,  bahan  ajar
            sebagai media pembelajaran jarak jauh harus berisi  informasi
            yang  dapat  membangkitkan  motivasi  dan  perhatian  peserta


                                                                 227
   233   234   235   236   237   238   239   240   241   242   243