Page 234 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 234
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
1. Tugas yang Asli
Pemberian tugas dalam pembelajaran yang menerapkan
pandangan konstruktivistik diarahkan untuk menghubungkan
atau mengaitkan pengalaman belajar dengan kehidupan
peserta didik, mengorganisasikan konsep-konsep yang
dipelajari, dan untuk mendorong peserta didik melakukan
penelitian atau kegiatan belajar tambahan untuk
mengembangkan kemampuan intelektualnya. Oleh karena
itu, masalah, tugas, pertanyaan, atau topik yang dibahas
dalam pembelajaran haruslah sesuai dengan kebutuhan
peserta didik, kehidupan sehari-hari, dan masyarakat sekitar.
2. Keterlibatan Aktif Peserta Didik dalam Belajar
Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa individu
akan belajar sesuatu apabila individu tersebut terlibat dalam
proses belajar. Hal ini berarti bahwa peserta didik akan
mempelajari sesuatu apabila peserta didik tersebut terlibat
aktif dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, dalam
pembelajaran yang menerapkan pandangan konstruktivistik,
pendidik menciptakan situasi pembelajaran yang
memungkinkan peserta didik dapat mengajukan pertanyaan
secara bebas dan berdiskusi dengan sesama peserta didik.
Melalui kegiatan tersebut dan tugas atau topik yang dibahas
berkaitan dengan pengalaman peserta didik, pemahaman
peserta didik terhadap konsep yang dipelajari akan lebih
mendalam, yang pada akhirnya peserta didik akan menyerap
lebih banyak konsep yang dipelajari.
223