Page 234 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 234

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



         1.  Tugas yang Asli

            Pemberian  tugas  dalam  pembelajaran  yang  menerapkan
            pandangan  konstruktivistik  diarahkan  untuk  menghubungkan
            atau  mengaitkan  pengalaman  belajar  dengan  kehidupan
            peserta  didik,  mengorganisasikan  konsep-konsep  yang
            dipelajari,  dan  untuk  mendorong  peserta  didik  melakukan
            penelitian   atau   kegiatan   belajar   tambahan   untuk
            mengembangkan  kemampuan  intelektualnya.    Oleh  karena
            itu,  masalah,  tugas,  pertanyaan,  atau  topik  yang  dibahas
            dalam  pembelajaran  haruslah  sesuai  dengan  kebutuhan
            peserta didik, kehidupan sehari-hari, dan masyarakat sekitar.


         2.  Keterlibatan Aktif Peserta Didik dalam Belajar
            Seperti  yang  telah  disampaikan  sebelumnya,  bahwa  individu
            akan  belajar  sesuatu  apabila  individu  tersebut  terlibat  dalam
            proses  belajar.   Hal  ini  berarti  bahwa  peserta  didik  akan
            mempelajari  sesuatu  apabila  peserta  didik  tersebut  terlibat
            aktif  dalam  kegiatan  pembelajaran.  Oleh  karena  itu,  dalam
            pembelajaran  yang  menerapkan  pandangan  konstruktivistik,
            pendidik   menciptakan     situasi   pembelajaran   yang
            memungkinkan  peserta  didik  dapat  mengajukan  pertanyaan
            secara  bebas  dan  berdiskusi  dengan  sesama  peserta  didik.
            Melalui  kegiatan  tersebut  dan  tugas  atau  topik  yang  dibahas
            berkaitan  dengan  pengalaman  peserta  didik,  pemahaman
            peserta  didik  terhadap  konsep  yang  dipelajari  akan  lebih
            mendalam,  yang  pada akhirnya  peserta didik akan  menyerap
            lebih banyak konsep yang dipelajari.









                                                                 223
   229   230   231   232   233   234   235   236   237   238   239