Page 236 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 236
PENDIDIKAN TINGGI JARAK )AUH
kan pandangan konstruktivistik pendidik akan memberikar
kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi atau
berdebat dengan peserta didik lain tentang konsep, ide, atau
teori dan pada akhirnya akan sampai pada pemecahan
masalah yang dihadapi. Melalui kegiatan tersebut peserta
didik akan belajar ide-ide atau keterampilan baru yang tidak
dapat dipelajari sendiri.
5. Pemahaman yang Direpresentasikan dalam Keragaman
Pendidik yang menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran
konstruktivistik menggunakan alat ukur yang bervariasi untuk
menggambarkan pemahaman peserta didik. Proses belajar,
menurut konstruktivisme, ditandai dengan pemahaman baru
peserta didik terhadap informasi baru yang diterimanya dalam
kaitannya dengan pengalaman sebelumnya. Dengan demi-
kian, alat ukur yang digunakan untuk memperoleh gambaran
tentang pemahaman peserta didik harus memungkinkan
peserta didik mengekspresikan pemahamannya secara
bebas, termasuk penafsiran peserta didik terhadap proses
belajar yang dilakukannya.
B. Penerapan Prinsip-prinsip Pembelajaran
Konstruktivistik dalam Pendidikan Jarak Jauh
Tujuan belajar yang ingin dicapai dalam setiap proses
pembelajaran, baik pembelajaran tatap muka maupun jarak jauh,
adalah sama. Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, menurut
konstruktivisme belajar adalah proses pembentukan makna atau
pemahaman baru terhadap informasi yang dipelajari berdasarkan
pengalaman yang telah dimilikinya.
225