Page 236 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 236

PENDIDIKAN TINGGI  JARAK  )AUH



            kan  pandangan  konstruktivistik  pendidik  akan  memberikar
            kesempatan  kepada  peserta  didik  untuk  berdiskusi  atau
            berdebat dengan  peserta  didik  lain  tentang  konsep,  ide,  atau
            teori  dan  pada  akhirnya  akan  sampai  pada  pemecahan
            masalah  yang  dihadapi.  Melalui  kegiatan  tersebut  peserta
            didik  akan  belajar  ide-ide  atau  keterampilan  baru  yang  tidak
            dapat dipelajari sendiri.



        5.  Pemahaman yang Direpresentasikan dalam Keragaman
            Pendidik  yang  menerapkan  prinsip-prinsip  pembelajaran
            konstruktivistik  menggunakan  alat ukur yang  bervariasi  untuk
            menggambarkan  pemahaman  peserta  didik.  Proses  belajar,
            menurut  konstruktivisme,  ditandai  dengan  pemahaman  baru
            peserta didik terhadap informasi baru yang diterimanya dalam
            kaitannya  dengan  pengalaman  sebelumnya.  Dengan  demi-
            kian,  alat ukur yang  digunakan  untuk  memperoleh  gambaran
            tentang  pemahaman  peserta  didik  harus  memungkinkan
            peserta  didik  mengekspresikan  pemahamannya  secara
            bebas,  termasuk  penafsiran  peserta  didik  terhadap  proses
            belajar yang dilakukannya.


        B.  Penerapan Prinsip-prinsip Pembelajaran
            Konstruktivistik dalam Pendidikan Jarak Jauh

                Tujuan  belajar  yang  ingin  dicapai  dalam  setiap  proses
        pembelajaran,  baik  pembelajaran  tatap  muka  maupun jarak jauh,
        adalah  sama.  Seperti  yang  telah  diuraikan sebelumnya,  menurut
        konstruktivisme  belajar  adalah  proses  pembentukan  makna  atau
        pemahaman  baru  terhadap  informasi  yang  dipelajari  berdasarkan
        pengalaman yang telah dimilikinya.





                                                                 225
   231   232   233   234   235   236   237   238   239   240   241