Page 237 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 237
Julaeha, Penerapan Konstruktivisme dalam ....
Dalam kaitannya dengan pembelajaran jarak jauh,
pengajaran yang dilaksanakan oleh pendidik tergambar dalam
bahan ajar, bantuan belajar (tutorial), dan evaluasi. Dengan
demikian, untuk menciptakan pembelajaran yang menerapkan
prinsip-prinsip konstruktivistik, penyelenggara PJJ dituntut untuk
merancang bahan ajar, tutorial, dan evaluasi yang memungkinkan
peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses belajar sehingga
peserta didik akan membentuk pengetahuannya sendiri.
1. Pengembangan Bahan Ajar
Bahan ajar yang dikembangkan dalam pembelajaran
jarak jauh dirancang untuk belajar mandiri, artinya bahan ajar
tersebut dirancang secara khusus sehingga peserta didik dapat
belajar secara mandiri sesuai dengan kemampuan masing-
masing. Secara umum bahan ajar yang dikembangkan
hendaknya dapat dicerna, komunikatif, dan jelas, mampu
melibatkan proses berpikir peserta didik, serta memungkinkan
peserta didik dapat mengevaluasi tingkat penguasaannya secara
mandiri.
Pada umumnya bahan ajar utama dalam PJJ adalah
bahan ajar cetak. Namun, sesuai dengan pengalam-an belajar
yang harus dilalui peserta didik dalam mencapai kompetensi dari
suatu mata kuliah atau mata pelajaran dan karakteristik peserta
didik sendiri, paket bahan ajar dapat terdiri dari bahan ajar cetak
dan noncetak. Paket bahan ajar didesain secara khusus dan
dikembangkan oleh suatu tim. Tim ini terdiri dari penulis sebagai
ahli materi, penelaah, perancang pembelajaran, pengembang
media, editor, pengetik, dan penata letak.
Menurut Rowntree (1990) ada beberapa hal yang harus
diperhatikan dalam pengembangan bahan ajar, yaitu sasaran
belajar, tujuan pembelajaran, materi dan urutannya, metode dan
226