Page 237 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 237

Julaeha,  Penerapan Konstruktivisme dalam  ....



                 Dalam  kaitannya  dengan  pembelajaran  jarak  jauh,
         pengajaran  yang  dilaksanakan  oleh  pendidik  tergambar  dalam
         bahan  ajar,  bantuan  belajar  (tutorial),  dan  evaluasi.   Dengan
         demikian,  untuk  menciptakan  pembelajaran  yang  menerapkan
         prinsip-prinsip  konstruktivistik,  penyelenggara  PJJ  dituntut  untuk
         merancang bahan ajar,  tutorial,  dan evaluasi yang  memungkinkan
         peserta  didik  untuk  terlibat  aktif  dalam  proses  belajar  sehingga
         peserta didik akan membentuk pengetahuannya sendiri.



         1.  Pengembangan Bahan Ajar
                Bahan  ajar  yang  dikembangkan  dalam  pembelajaran
         jarak  jauh  dirancang  untuk  belajar  mandiri,  artinya  bahan  ajar
         tersebut  dirancang  secara  khusus  sehingga  peserta  didik  dapat
         belajar  secara  mandiri  sesuai  dengan  kemampuan  masing-
         masing.    Secara  umum  bahan  ajar  yang  dikembangkan
         hendaknya  dapat  dicerna,  komunikatif,  dan  jelas,  mampu
         melibatkan  proses  berpikir  peserta  didik,  serta  memungkinkan
         peserta  didik dapat mengevaluasi  tingkat penguasaannya  secara
         mandiri.
                Pada  umumnya  bahan  ajar  utama  dalam  PJJ  adalah
         bahan  ajar  cetak.  Namun,  sesuai  dengan  pengalam-an  belajar
         yang  harus dilalui  peserta  didik dalam  mencapai  kompetensi  dari
         suatu  mata  kuliah  atau  mata  pelajaran  dan  karakteristik  peserta
         didik sendiri,  paket bahan  ajar dapat terdiri  dari  bahan  ajar cetak
         dan  noncetak.  Paket  bahan  ajar  didesain  secara  khusus  dan
         dikembangkan oleh  suatu  tim.  Tim  ini  terdiri dari  penulis sebagai
         ahli  materi,  penelaah,  perancang  pembelajaran,  pengembang
         media, editor,  pengetik, dan penata letak.
                Menurut  Rowntree  (1990)  ada  beberapa  hal  yang  harus
         diperhatikan  dalam  pengembangan  bahan  ajar,  yaitu  sasaran
         belajar,  tujuan  pembelajaran,  materi  dan  urutannya,  metode  dan



         226
   232   233   234   235   236   237   238   239   240   241   242