Page 233 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 233
Julaeha, Penerapan Konstruktivisme dalam ....
akan secara otomatis dipelajari. Yang perlu dilakukan pendidik
adalah membantu peserta didik membentuk hubungan antara
pemahaman yang telah dimilikinya dengan pemahaman baru
yang lebih kompleks. Dalam hal ini pendidik hanya memberikan
kesempatan karena peserta didik sendirilah yang membentuk
pemahaman barunya melalui kegiatan abstraksi reflektif.
Prinsip yang kelima, menilai kegiatan belajar peserta
didik dalam konteks mengajar, menuntut pendidik untuk
mengajukan pertanyaan yang terbuka, yang tidak hanya menuntut
satu jawaban yang benar. Pertanyaan semacam ini merupakan
pertanyaan yang akan mendorong peserta didik untuk
membentuk pengetahuannya secara individual. Berdasarkan
prinsip ini, pertanyaan atau tugas yang diberikan tidak untuk
mengukur seberapa benar atau salah peserta didik mengerjakan-
nya. Tetapi yang lebih penting lagi adalah pendidik memberikan
pertanyaan atau tugas serta mengamati berapa banyak dan
bantuan apa yang dapat diberikan untuk membantu peserta didik
menjawab atau menyelesaikan tugas dengan berhasil.
Berdasarkan prinsip-prinsip yang dikemukakan oleh
Brooks & Brooks, Pannen (2002) mengemukakan bahwa
penerapan prinsip-prinsip konstruktivistik dalam pembelajaran
akan tampak pada komponen-komponen pembelajaran.
Komponen-komponen tersebut adalah tugas yang asli,
keterlibatan aktif peserta didik dalam belajar, pengetahuan
tentang penerapan dan penggunaan secara kontekstual,
menggunakan masyarakat belajar, dan pemahaman yang
direpresentasikan dalam keragaman. Berikut ini disajikan
deskripsi setiap komponen.
222