Page 233 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 233

Julaeha,  Penerapan Konstruktivisme dalam  ....



          akan  secara  otomatis  dipelajari.  Yang  perlu  dilakukan  pendidik
          adalah  membantu  peserta  didik  membentuk  hubungan  antara
          pemahaman  yang  telah  dimilikinya  dengan  pemahaman  baru
          yang  lebih  kompleks.  Dalam  hal  ini  pendidik  hanya  memberikan
          kesempatan  karena  peserta  didik  sendirilah  yang  membentuk
          pemahaman barunya melalui kegiatan abstraksi reflektif.
                 Prinsip  yang  kelima,   menilai  kegiatan  belajar  peserta
          didik  dalam  konteks  mengajar,  menuntut  pendidik  untuk
          mengajukan pertanyaan yang terbuka,  yang tidak hanya menuntut
          satu  jawaban  yang  benar.  Pertanyaan  semacam  ini  merupakan
          pertanyaan   yang   akan   mendorong   peserta   didik   untuk
          membentuk  pengetahuannya  secara  individual.   Berdasarkan
          prinsip  ini,  pertanyaan  atau  tugas  yang  diberikan  tidak  untuk
          mengukur seberapa  benar atau salah  peserta didik mengerjakan-
          nya.  Tetapi  yang  lebih  penting  lagi  adalah  pendidik  memberikan
          pertanyaan  atau  tugas  serta  mengamati  berapa  banyak  dan
          bantuan  apa  yang  dapat diberikan  untuk membantu  peserta didik
          menjawab atau menyelesaikan tugas dengan berhasil.
                 Berdasarkan  prinsip-prinsip  yang  dikemukakan  oleh
          Brooks  &  Brooks,  Pannen  (2002)  mengemukakan  bahwa
          penerapan  prinsip-prinsip  konstruktivistik  dalam  pembelajaran
          akan   tampak    pada   komponen-komponen     pembelajaran.
          Komponen-komponen     tersebut   adalah   tugas   yang   asli,
          keterlibatan  aktif  peserta  didik  dalam  belajar,  pengetahuan
          tentang   penerapan  dan   penggunaan  secara  kontekstual,
          menggunakan  masyarakat  belajar,  dan  pemahaman  yang
          direpresentasikan  dalam  keragaman.   Berikut  ini  disajikan
          deskripsi setiap komponen.










          222
   228   229   230   231   232   233   234   235   236   237   238