Page 230 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 230

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



                Tulisan  ini  ditujukan  untuk  menjelaskan  penerapan
         komponen-komponen     pembelajaran   konstruktivistik   dalam
         pengembangan  bahan  ajar mandiri,  tutorial,  dan  bahan  evaluasi.
         Untuk  itu,  tulisan  ini  akan  dimulai  dengan  penjelasan  tentang
         komponen-komponen     pembelajaran    konstruktivistik   serta
         penerapannya dalam pengembangan  bahan ajar mandiri,  tutorial,
        dan bahan evaluasi.


        A.  Pembelajaran Konstruktivistik

                Salah  satu  aliran filsafat pengetahuan  yang  akhir-akhir ini
        banyak  mempengaruhi  bidang  pendidikan,  khususnya  bidang
        pendidikan  sains  dan  matematika adalah  Konstruktivisme.  Asal
        kata  konstruktivisme  adalah  "to  construct'  dari  Bahasa  lnggris,
        yang  berarti  membentuk.   Konstruktivisme  adalah  salah  satu
        aliran  filsafat  yang  mempunyai  pandangan  bahwa  pengetahuan
        yang  kita  miliki adalah  hasil konstruksi atau  bentukan  kita  sendiri.
        Dengan  kata  lain,  kita  akan  memiliki  pengetahuan  apabila  kita
        terlibat  aktif  dalam  proses  penemuan  pengetahuan  dan
        pembentukannya  dalam  diri  kita.  Berdasarkan  aliran  konstruktiv-
        isme,  pengetahuan  yang  dimiliki  seseorang  diperoleh  karena
        keterlibatan  orang  tersebut  dalam  menemukan  dan  membentuk
        pengetahuan.
                Menurut  Richardson  (1997),  konstruktivisme  adalah  teori
        yang  memandang  belajar  sebagai  proses  pemberian  makna.
        Teori  ini  menyatakan  bahwa  individu  menciptakan  sendiri
        pemahaman  barunya  berdasarkan  interaksi  antara  pengetahuan
        dan  kepercayaan  yang  telah  diyakininya  dengan  fenomena  atau
        ide-ide yang  diperoleh dari  pengalaman.  lni menunjukkan bahwa
        belajar  adalah  proses  perkembangan  berpikir  untuk  membentuk
        pemahaman baru.  Proses  belajar terjadi  melalui proses adaptasi





                                                                 219
   225   226   227   228   229   230   231   232   233   234   235