Page 226 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 226
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
D. Simpulan
Berdasarkan hasil pemantauan, evaluasi maupun laporan
dari tutor terdapat berbagai permasalahan yang muncul, yang
harus diperbaiki untuk pelaksanaan tutorial elektronik di masa
mendatang. Rencana perbaikan dikelompokkan sebagal berikut.
1. Ketidakaktifan tutor. Terjadi penurunan tingkat ketidakaktifan
tutor. Jika pada semester 2002.2 sebanyak 25,5% tutor tidak
aktif, maka pada semester 2003.1 tutor yang tidak aktif
menurun menjadi 10%. Penurunan ketidakaktifan tutor
merupakan hal yang positif karena berarti semakin banyak
tutor yang mulai aktif untuk melaksanakan tugasnya sebagai
tutor pada tutorial online. Hal ini juga menunjukkan bahwa
tutor mulai terbiasa dengan tugasnya pada tutorial online.
2. Masalah teknis komputer. Masalah teknis masih muncul pada
semester 2003.1 ini, namun berkurang dari tahun
sebelumnya. Masalah teknis yang muncul biasanya
dilaporkan kepada Pusat Penelitian Media (P2M). Ada yang
terselesaikan dengan cepat, namun ada juga yang masih
mengalami kendala pada saat tutorial berlangsung.
3. Fasilitas komputer yang memadai. Dengan penambahan
fasilitas komputer sebanyak 12 komputer di FISIP pada akhir
tahun 2002, maka pada tutorial online 2003.1 ini keluhan
tentang kurangnya fasilitas komputer hampir tidak muncul.
Hal ini pula yang kemungkinan menyebabkan lebih banyak
tutor yang berperan aktif, sehingga mengurangi persentase
ketidakaktifan tutor. Kondisi ini merupakan kondisi yang positif
dan tampaknya telah memecahkan sebagian masalah yang
pernah terjadi pada tutorial online sebelumnya.
4. Pengelolaan di fakultas. Sistem pengelolaan berjalan dengan
lebih baik dari sebelumnya, namun tetap akan ditata kembali
untuk hasil yang lebih maksimal. Pada kegiatan supervisi di
215