Page 229 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 229

Penerapan  Konstruktivisme


                               dalam Pembelajaran

                                                 ]arak ]auh











                 omponen  dasar  pembelajaran  pada  sistem  pendidikan
          K
                 jarak  jauh  (PJJ)  mencakup  bahan  ajar,  bantuan  belajar,
                 dan  evaluasi.  Proses  pembelajaran  tidak  akan  terjadi
         dalam  PJJ  apabila  tidak  ada  bahan  ajar.  Sementara  itu,  bantuan
         belajar disediakan  untuk membantu  peserta  didik  mencapai  hasil
         belajar  yang  optimal,  sedangkan  evaluasi  dilaksanakan  untuk
         mengukur  keberhasilan  peserta  didik  dalam  proses  belajarnya.
         Proses  pembelajaran  dilaksanakan  untuk memfasilitasi terjadinya
         proses  belajar  pada  diri  peserta  didik.   Menurut  teori
         konstruktivisme,  belajar  adalah  proses  pembentukan  makna.
         Berdasarkan  teori  ini  individu  dianggap  belajar  apabila  individu
         sendiri  membentuk  pemahaman  baru  sebagai  hasil  integrasi
         antara  pengetahuan  yang  telah  dimilikinya  dengan  pengalaman
         yang  baru  diperolehnya.  Proses  belajar  bukanlah  proses
         pengumpulan  fakta  tetapi  merupakan  proses  pembentukan
         struktur  pemahaman  baru.  Teori  ini  mendorong  penyelenggara
         PJJ  untuk  mengembangkan  bahan  ajar  mandiri,  tutorial,  dan
         bahan  evaluasi,  yang  dapat  mendorong  peserta  didik  untuk
         berpikir  dan  melakukan  eksplorasi  pengalamannya  sehingga
         peserta didik mencapai pemahaman baru yang  bermakna.





         218
   224   225   226   227   228   229   230   231   232   233   234