Page 229 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 229
Penerapan Konstruktivisme
dalam Pembelajaran
]arak ]auh
omponen dasar pembelajaran pada sistem pendidikan
K
jarak jauh (PJJ) mencakup bahan ajar, bantuan belajar,
dan evaluasi. Proses pembelajaran tidak akan terjadi
dalam PJJ apabila tidak ada bahan ajar. Sementara itu, bantuan
belajar disediakan untuk membantu peserta didik mencapai hasil
belajar yang optimal, sedangkan evaluasi dilaksanakan untuk
mengukur keberhasilan peserta didik dalam proses belajarnya.
Proses pembelajaran dilaksanakan untuk memfasilitasi terjadinya
proses belajar pada diri peserta didik. Menurut teori
konstruktivisme, belajar adalah proses pembentukan makna.
Berdasarkan teori ini individu dianggap belajar apabila individu
sendiri membentuk pemahaman baru sebagai hasil integrasi
antara pengetahuan yang telah dimilikinya dengan pengalaman
yang baru diperolehnya. Proses belajar bukanlah proses
pengumpulan fakta tetapi merupakan proses pembentukan
struktur pemahaman baru. Teori ini mendorong penyelenggara
PJJ untuk mengembangkan bahan ajar mandiri, tutorial, dan
bahan evaluasi, yang dapat mendorong peserta didik untuk
berpikir dan melakukan eksplorasi pengalamannya sehingga
peserta didik mencapai pemahaman baru yang bermakna.
218