Page 231 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 231
]ulaeha, Penerapan Konstruktivisme dalam ....
pengalaman baru dengan pengalaman sebelumnya untuk
membentuk pemahaman baru.
Teori konstruktivisme menantang pendidik untuk
mengembangkan proses pembelajaran yang mendorong peserta
didik untuk berpikir dan menemukan sesuatu melalui kegiatan
eksplorasi sehingga peserta didik akan mencapai pemahaman
baru yang bermakna. Dalam upaya melibatkan peserta didik
secara aktif dalam proses bela jar, Brooks & Brooks ( 1993)
mengemukakan lima prinsip pembelajaran konstruktivisme.
Kelima prinsip tersebut adaiah:
1. penyajian masalah yang semakin bermakna bagi peserta
didik;
2. pengorganisasian maten pelajaran sekitar konsep-konsep
utama;
3. penggalian dan penghargaan terhadap pandangan peserta
didik;
4. menyesuaikan kurikulum untuk mengakomodasikan
anggapan peserta didik; dan
5. menilai kegiatan belajar peserta didik dalam konteks
mengajar
Prinsip yang pertama, penyajian masalah yang semakin
bermakna bagi peserta didik, menuntut pendidik untuk
mengembangkan situasi pembelajaran yang menantang peserta
didik untuk memecahkan masalah. Masalah yang diajukan
hendaknya sesuai dengan kebutuhan sosial dan kognitif peserta
didik. Mengajukan pertanyaan yang mendorong peserta didik
untuk mengungkapkan hipotesa yang dimilikinya akan
membangkitkan minat belajar peserta didik. Hal ini perlu
dilakukan pendidik karena tidak semua peserta didik tertarik
terhadap materi pelajaran. Dalam penerapan prinsip ini pendidik
dituntut untuk mengajukan suatu pertanyaan yang umum dan
220