Page 231 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 231

]ulaeha,  Penerapan  Konstruktivisme dalam  ....



         pengalaman  baru  dengan  pengalaman  sebelumnya  untuk
         membentuk pemahaman baru.
                 Teori   konstruktivisme   menantang   pendidik   untuk
          mengembangkan  proses  pembelajaran  yang  mendorong  peserta
         didik  untuk  berpikir  dan  menemukan  sesuatu  melalui  kegiatan
         eksplorasi  sehingga  peserta  didik  akan  mencapai  pemahaman
          baru  yang  bermakna.   Dalam  upaya  melibatkan  peserta  didik
         secara  aktif  dalam  proses  bela jar,  Brooks  &  Brooks  ( 1993)
          mengemukakan  lima  prinsip  pembelajaran  konstruktivisme.
         Kelima prinsip tersebut adaiah:
          1.  penyajian  masalah  yang  semakin  bermakna  bagi  peserta
             didik;
         2.  pengorganisasian  maten  pelajaran  sekitar  konsep-konsep
             utama;
         3.  penggalian  dan  penghargaan  terhadap  pandangan  peserta
             didik;
         4.  menyesuaikan     kurikulum   untuk    mengakomodasikan
             anggapan peserta didik; dan
         5.  menilai  kegiatan  belajar  peserta  didik  dalam  konteks
             mengajar

                 Prinsip yang  pertama,  penyajian  masalah  yang  semakin
         bermakna  bagi  peserta  didik,  menuntut  pendidik    untuk
         mengembangkan  situasi  pembelajaran  yang  menantang  peserta
         didik  untuk  memecahkan  masalah.    Masalah  yang  diajukan
         hendaknya  sesuai  dengan  kebutuhan  sosial  dan  kognitif  peserta
         didik.   Mengajukan  pertanyaan  yang  mendorong  peserta  didik
         untuk   mengungkapkan     hipotesa   yang   dimilikinya   akan
         membangkitkan  minat  belajar  peserta  didik.   Hal  ini  perlu
         dilakukan  pendidik  karena  tidak  semua  peserta  didik  tertarik
         terhadap  materi  pelajaran.  Dalam  penerapan  prinsip ini  pendidik
         dituntut  untuk  mengajukan  suatu  pertanyaan  yang  umum  dan



         220
   226   227   228   229   230   231   232   233   234   235   236