Page 235 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 235
Julaeha, Penerapan Konstruktivisme dalam ....
3. Pengetahuan tentang Penerapan dan Penggunaan Secara
Kontekstual
Dalam pembelajaran yang menerapkan prinsip-prinsip
konstruktivistik, pendidik akan membantu peserta didik dalam
menghubungkan pengalaman yang telah dimilikinya dengan
informasi baru. Hal ini perlu dilakukan karena peserta didik
yang datang telah memiliki pengetahuan, keterampilan, serta
sikap dan nilai. Dengan melihat kaitan antara pengetahuan
yang telah dimillkinya dengan informasi baru yang sedang
dipelajarinya, peserta didik akan membentuk perr.ahaman
baru terhadap informasi baru tersebut. Selain menunjukkan
kaitan antara pengalaman yang telah dimiliki dengan
informasi baru, pendidik juga mengembangkan pembelajaran
yang menuntut peserta didik untuk menggunakan
pengetahuan barunya tersebut untuk memecahkan masalah
yang dihadapi peserta didik. Selain itu, pendidik juga
memusatkan pembelajarannya pada konsep utama.
Pembelajaran seperti ini akan mendorong peserta didik
mempertanyakan lebih jauh dengan mencari berbagai sumber
belajar untuk mengetahui lebih dalam tentang konsep yang
dipelajari atau untuk memperluas wawasannya tentang
konsep tersebut.
4. Menggunakan Masyarakat Belajar
Proses belajar terjadi apabila peserta didik berinteraksi
dengan lingkungannya, termasuk dengan teman sejawat dan
masyarakat sekitar yang berhubungan dengan peserta did1k.
Hal ini menunjukkan bahwa pembentukan pemahaman
peserta didik terhadap suatu konsep dipengaruhi oleh konteks
sosial. Oleh karena itu, dalam pembelajaran yang menerap-
224