Page 235 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 235

Julaeha, Penerapan  Konstruktivisme dalam  ....



         3.  Pengetahuan tentang Penerapan dan Penggunaan Secara
             Kontekstual

             Dalam  pembelajaran  yang    menerapkan    prinsip-prinsip
             konstruktivistik,  pendidik akan  membantu  peserta didik dalam
             menghubungkan  pengalaman  yang  telah  dimilikinya  dengan
             informasi  baru.  Hal  ini  perlu  dilakukan  karena  peserta  didik
             yang  datang  telah  memiliki  pengetahuan,  keterampilan,  serta
             sikap  dan  nilai.  Dengan  melihat  kaitan  antara  pengetahuan
             yang  telah  dimillkinya  dengan  informasi  baru  yang  sedang
             dipelajarinya,  peserta  didik  akan  membentuk  perr.ahaman
             baru  terhadap  informasi  baru  tersebut.  Selain  menunjukkan
             kaitan  antara  pengalaman  yang  telah  dimiliki  dengan
             informasi  baru,  pendidik juga  mengembangkan  pembelajaran
             yang   menuntut   peserta   didik   untuk   menggunakan
             pengetahuan  barunya  tersebut  untuk  memecahkan  masalah
             yang  dihadapi  peserta  didik.   Selain  itu,  pendidik  juga
             memusatkan    pembelajarannya    pada   konsep    utama.
             Pembelajaran  seperti  ini  akan  mendorong  peserta  didik
             mempertanyakan lebih jauh dengan mencari berbagai sumber
             belajar  untuk  mengetahui  lebih  dalam  tentang  konsep  yang
             dipelajari  atau  untuk  memperluas  wawasannya  tentang
             konsep tersebut.


         4.  Menggunakan Masyarakat Belajar
             Proses  belajar  terjadi  apabila  peserta  didik  berinteraksi
             dengan  lingkungannya,  termasuk  dengan  teman  sejawat dan
             masyarakat sekitar yang  berhubungan  dengan  peserta  did1k.
             Hal  ini  menunjukkan  bahwa  pembentukan  pemahaman
             peserta didik terhadap suatu konsep dipengaruhi oleh konteks
             sosial.  Oleh  karena  itu,  dalam  pembelajaran  yang  menerap-




         224
   230   231   232   233   234   235   236   237   238   239   240