Page 240 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 240
PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK ]AUH
kehidupan sehari-hari maupun terhadap materi pada mata
kuliah yang lainnya. Dengan informasi yang diperoleh
tersebut peserta didik akan termotivasi untuk terus belajar
karena mereka mengetahui materi yang dipelajarinya memiliki
manfaat. Selain itu, pengembang juga dapat menunjukkan
kaitan antara materi yang akan dipelajari dengan
pengetahuan atau pengalaman yang telah dimiliki peserta
didik sehingga peserta didik akan memperoleh gambaran
yang utuh dari materi yang dipelajari dalam hubungannya
dengan kemampuan yang telah dimilikinya.
b. Sajian Materi
Bagian sajian materi berisi uraian materi yang disertai dengan
contoh, ilustrasi, serta latihan. Uraian materi berisi paparan
tentang materi yang berupa konsep, prinsip, data, dalil, teori,
nilai, prosedur, dan keterampilan yang disajikan secara naratif
atau piktorial berfungsi untuk mendorong dan mengkondisikan
tumbuhnya pengalaman belajar pada peserta didik. Materi
yang disajikan hendaknya sesuai dengan kemampuan
peserta didik, serta benar dan terkini. Selain itu, materi
hendaknya disajikan secara logis dan sistematis, komunikatif
dan interaktif, tidak kaku, serta menarik.
Komponen pembelajaran konstruktivistik yang dapat
dimunculkan pada bagian sajian materi adalah tugas asli,
keterlibatan aktif peserta didik dengan permasalahan yang
bermakna, serta pengetahuan tentang penerapan dan
penggunaan secara kontekstual. Selain itu, prinsip-prinsip
pembelajaran konstruktivistik yang perlu diterapkan dalam
penyajian materi adalah menyajikan masalah yang semakin
bermakna bagi peserta didik, pengorganisasian materi sekitar
229