Page 240 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 240

PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK ]AUH



             kehidupan  sehari-hari  maupun  terhadap  materi  pada  mata
             kuliah  yang  lainnya.   Dengan  informasi  yang  diperoleh
             tersebut  peserta  didik  akan  termotivasi  untuk  terus  belajar
             karena mereka mengetahui materi yang dipelajarinya memiliki
             manfaat.  Selain  itu,  pengembang  juga  dapat  menunjukkan
             kaitan   antara   materi   yang   akan   dipelajari   dengan
             pengetahuan  atau  pengalaman  yang  telah  dimiliki  peserta
             didik  sehingga  peserta  didik  akan  memperoleh  gambaran
             yang  utuh  dari  materi  yang  dipelajari  dalam  hubungannya
            dengan kemampuan yang telah dimilikinya.


         b.  Sajian Materi
             Bagian sajian  materi berisi uraian  materi yang disertai dengan
            contoh,  ilustrasi,  serta  latihan.  Uraian  materi  berisi  paparan
             tentang  materi  yang  berupa  konsep,  prinsip,  data,  dalil,  teori,
             nilai,  prosedur, dan  keterampilan yang disajikan secara naratif
            atau piktorial berfungsi untuk mendorong dan mengkondisikan
            tumbuhnya  pengalaman  belajar  pada  peserta  didik.  Materi
            yang  disajikan  hendaknya  sesuai  dengan  kemampuan
             peserta  didik,  serta  benar  dan  terkini.   Selain  itu,  materi
             hendaknya  disajikan  secara  logis  dan  sistematis,  komunikatif
            dan interaktif, tidak kaku,  serta menarik.


             Komponen    pembelajaran   konstruktivistik   yang   dapat
            dimunculkan  pada  bagian  sajian  materi  adalah  tugas  asli,
             keterlibatan  aktif  peserta  didik  dengan  permasalahan  yang
            bermakna,  serta  pengetahuan  tentang  penerapan  dan
            penggunaan  secara  kontekstual.   Selain  itu,  prinsip-prinsip
             pembelajaran  konstruktivistik  yang  perlu  diterapkan  dalam
             penyajian  materi  adalah  menyajikan  masalah  yang  semakin
            bermakna bagi  peserta didik,  pengorganisasian materi sekitar





                                                                 229
   235   236   237   238   239   240   241   242   243   244   245