Page 245 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 245
]ulaeha, Penerapan Konstruktivisme dalam ....
Dari uraian tersebut tampak bahwa dalam pengembang-
an bahan ajar mandiri, tidak semua komponen pembelajaran
konstruktivistik dapat diwujudkan. Dengan demikian, tidak semua
prinsip pembelajaran konstruktivistik dapat diterapkan dalam
pengembangan bahan ajar mandiri. Komponen pembelajaran
konstruktivistik yang dapat diwujudkan dalam bahan ajar mandiri
adalah tugas yang benar-benar dihadapi (tugas asli), keterlibatan
aktif dalam belajar, pengetahuan tentang penerapan dan
penggunaan secara kontekstual, dan pemanfaatan masyarakat
belajar. Sementara itu, prinsip pembelajaran konstruktivistik yang
dapat diterapkan dalam pengembangan bahan ajar mandiri
adalah penyajian permasalahan yang bermakna bagi peserta
didik, pengorganisasian materi yang berupa konsep utama, dan
adaptasi kurikulum untuk mengakomodasikan anggapan peserta
didik. Namun demikian, karena peserta didik PJJ tersebar
sehingga lebih menunjukkan heterogenitas, contoh penerapan
konsep atau teori yang dibahas dapat cocok untuk sekelompok
peserta didik tetapi belum tentu cocok untuk kelompok peserta
didik yang lain.
2. Tutorial
Tutorial adalah salah satu jenis bantuan belajar yang
disediakan untuk membantu peserta didik berhasil dalam proses
belajarnya. Menurut Wardani (2000), inti dari kegiatan tutorial
adalah interaksi atau komunikasi antara tutor (orang yang
memberikan bantuan belajar kepada seseorang) dan tutee (orang
yang diberi bantuan belajar). Komunikasi atau interaksi ini dapat
terjadi secara tatap muka dan jarak jauh. Berkenaan dengan
jenis tutorial, Holmberg (dalam Wardani, 2000) mengemukakan
tiga jenis tutorial, yaitu tutorial jarak jauh, terjadwal di pos-pos
belajar di daerah, dan residensial (tatap muka).
234