Page 245 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 245

]ulaeha, Penerapan Konstruktivisme dalam  ....



                 Dari  uraian  tersebut tampak  bahwa  dalam  pengembang-
         an  bahan  ajar  mandiri,  tidak  semua  komponen  pembelajaran
          konstruktivistik dapat diwujudkan.  Dengan  demikian,  tidak semua
          prinsip  pembelajaran  konstruktivistik  dapat  diterapkan  dalam
          pengembangan  bahan  ajar  mandiri.   Komponen  pembelajaran
          konstruktivistik  yang  dapat diwujudkan  dalam  bahan  ajar mandiri
         adalah tugas yang benar-benar dihadapi (tugas asli),  keterlibatan
          aktif  dalam  belajar,  pengetahuan  tentang  penerapan  dan
          penggunaan  secara  kontekstual,  dan  pemanfaatan  masyarakat
          belajar.  Sementara itu,  prinsip pembelajaran konstruktivistik yang
          dapat  diterapkan  dalam  pengembangan  bahan  ajar  mandiri
          adalah  penyajian  permasalahan  yang  bermakna  bagi  peserta
          didik,  pengorganisasian  materi  yang  berupa  konsep  utama,  dan
          adaptasi  kurikulum  untuk mengakomodasikan anggapan  peserta
          didik.  Namun  demikian,  karena  peserta  didik  PJJ  tersebar
          sehingga  lebih  menunjukkan  heterogenitas,  contoh  penerapan
          konsep  atau  teori  yang  dibahas  dapat  cocok  untuk  sekelompok
          peserta  didik  tetapi  belum  tentu  cocok  untuk  kelompok  peserta
          didik yang lain.


          2.  Tutorial

                 Tutorial  adalah  salah  satu  jenis  bantuan  belajar  yang
         disediakan  untuk  membantu  peserta  didik  berhasil  dalam  proses
          belajarnya.  Menurut  Wardani  (2000),  inti  dari  kegiatan  tutorial
          adalah  interaksi  atau  komunikasi  antara  tutor  (orang  yang
          memberikan bantuan belajar kepada seseorang) dan tutee (orang
          yang  diberi  bantuan  belajar).  Komunikasi  atau  interaksi  ini  dapat
          terjadi  secara  tatap  muka  dan  jarak  jauh.  Berkenaan  dengan
         jenis  tutorial,  Holmberg  (dalam  Wardani,  2000)  mengemukakan
          tiga  jenis  tutorial,  yaitu  tutorial  jarak  jauh,  terjadwal  di  pos-pos
          belajar di daerah, dan residensial (tatap muka).



          234
   240   241   242   243   244   245   246   247   248   249   250