Page 248 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 248
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK JAUH
dimanfaatkan, serta gaya belajar dan strategi belajar yang sesuai.
Selain itu, peserta didik hendaknya mer.dapat banyak
kesempatan untuk dapat melakukan evaluasi diri. Tidak kalah
penting, tutor hendaknya mengembangkan kegiatan tutorial yang
menumbuhkan keinginan peserta didik untuk terus belajar.
Untuk mengukur pemahaman dan pengetahuan peserta
didik selama kegiatan tutorial, tutor melaksanakan evaluasi.
Melalui kegiatan evaluasi tutor akan memperoleh informasi
tentang apa yang telah dan belum dikuasai oleh peserta didik.
Tutor dapat melaksanakan tes hasil belajar untuk mengukur
penguasaan dan penerapan pengetahuan yang telah dikuasai
dan tes ketrampilan melalui evaluasi praktek atau praktikum untuk
mengukur kemampuan peserta didik terhadap penguasaan dan
penerapan keterampilan yang dilatihkan. Di samping itu, tutor
juga dapat meminta peserta didik untuk membuat laporan atau
karya ilmiah untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam
mengekspresikan wawasan dan pandangan tentang sesuatu.
Bahkan tutor dapat melakukan pengamatan terhadap perilaku dan
sikap peserta didik selama tutorial berlangsung. Dengan
demikian, tutor harus mengembangkan beragam instrumen
evaluasi untuk mengukur keberhasilan peserta didik dalam
belajar. Hal ini merupakan perwujudan komponen pemahaman
yang direpresentasikan dalam keragaman dari pembelajaran
konstruktivistik. Berdasarkan hasil evaluasi, tutor mengetahui
kelebihan dan kelemahan dari setiap peserta didik. lnformasi ini
perlu disampaikan kepada peserta didik. Atas dasar balikan tutor
terhadap hasil kerjanya, peserta didik dapat memperbaiki atau
meningkatkan keterampilan dan strategi belajarnya.
237