Page 248 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 248

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK JAUH



         dimanfaatkan, serta gaya belajar dan strategi belajar yang  sesuai.
         Selain   itu,   peserta   didik   hendaknya   mer.dapat   banyak
         kesempatan  untuk  dapat  melakukan  evaluasi  diri.  Tidak  kalah
         penting,  tutor hendaknya  mengembangkan  kegiatan  tutorial  yang
         menumbuhkan keinginan peserta didik untuk terus belajar.
                Untuk  mengukur  pemahaman  dan  pengetahuan  peserta
         didik  selama  kegiatan  tutorial,  tutor  melaksanakan  evaluasi.
         Melalui  kegiatan  evaluasi  tutor  akan  memperoleh  informasi
         tentang  apa  yang  telah  dan  belum  dikuasai  oleh  peserta  didik.
         Tutor  dapat  melaksanakan  tes  hasil  belajar  untuk  mengukur
         penguasaan  dan  penerapan  pengetahuan  yang  telah  dikuasai
         dan tes ketrampilan melalui evaluasi praktek atau praktikum untuk
         mengukur  kemampuan  peserta  didik  terhadap  penguasaan  dan
         penerapan  keterampilan  yang  dilatihkan.  Di  samping  itu,  tutor
         juga  dapat  meminta  peserta  didik  untuk  membuat  laporan  atau
         karya  ilmiah  untuk  mengukur  kemampuan  peserta  didik  dalam
         mengekspresikan  wawasan  dan  pandangan  tentang  sesuatu.
         Bahkan tutor dapat melakukan pengamatan terhadap perilaku dan
         sikap  peserta  didik  selama  tutorial  berlangsung.   Dengan
         demikian,  tutor  harus  mengembangkan  beragam  instrumen
         evaluasi   untuk  mengukur  keberhasilan  peserta  didik  dalam
         belajar.  Hal  ini  merupakan  perwujudan  komponen  pemahaman
         yang  direpresentasikan  dalam  keragaman  dari  pembelajaran
         konstruktivistik.  Berdasarkan  hasil  evaluasi,  tutor  mengetahui
         kelebihan  dan  kelemahan  dari  setiap  peserta  didik.  lnformasi  ini
         perlu  disampaikan kepada  peserta didik.  Atas dasar balikan tutor
         terhadap  hasil  kerjanya,  peserta  didik  dapat  memperbaiki  atau
         meningkatkan keterampilan dan strategi belajarnya.










                                                                 237
   243   244   245   246   247   248   249   250   251   252   253