Page 246 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 246

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



               Tutor  memiliki  tanggung  jawab  memberikan  balikan
        terhadap  hasil  kerja  peserta  didik,  mengajar,  dan  membantu
        peserta  didik  mengembangkan  keterampilan  belajarnya  (Race,
        1990).  Oleh  karena  itu,  tutorial  tidak  hanya  dilaksanakan  untuk
        mendiskusikan  materi  bahan  ajar tetapi juga memberikan  balikan
        terhadap  pekerjaan  peserta  didik,  sehingga  mereka  mengetahui
        apakah  tugas  yang  dikerjakannya  sudah  betul  atau  masih  salah.
        Di  samping  itu,  tutorial  juga  digunakan  sebagai  wahana  untuk
        memotivasi dan  membantu peserta didik dalam mengelola proses
        belajar,   sehingga  kemampuan  belajar  mandiri  peserta  didik
        menjadi  semakin  meningkat.  Berkenaan  dengan  pembelajaran
        konstruktivistik,  semua  komponen  dan  prinsip  pembelajaran
        konstruktivistik dapat diwujudkan melalui kegiatan  tutorial.  Hal  ini
        dimungkinkan  karena  tutorial  biasanya  berlangsung  secara
        individual  atau  kelompok  sehingga  kebutuhan  individual  peserta
        didik dapat diakomodasi.
               Pembahasan  materi  bahan  ajar  dalam  kegiatan  tutorial
        diarahkan  pada  penguasaan  peserta didik terhadap  pengetahuan
        baru  secara  komprehensif  melalui  partisipasi  aktif  dalam  proses
        belajar.   Peserta  didik  dapat  ditugaskan  untuk  mendiskusikan
        materi  bahan  ajar.   Melalui  kegiatan  diskusi,  peserta  didik
        berinteraksi  dengan  peserta  didik  lainnya  untuk  menyepakati
        makna  dari  materi  yang  dibahas  sehingga  menghasilkan
        pemahaman  yang  komprehensif.  Selain  itu,  peserta  didik  juga
        dapat diminta  untuk memanfaatkan  sumber belajar yang  tersedia
        di masyarakat dalam mengeksplorasi serta memperluas wawasan
        dan  kemampuannya.    Melalui  kegiatan  ini,  peserta  didik  akan
        mencapai  pemahaman  yang  bermakna  tentang  pengetahuan
        yang  baru  dipelajari.   Tutor  juga  dapat  merancang  kegiatan
        tutorial  yang  menuntut  peserta  didik  untuk  mempraktekkan  atau
        melakukan  praktikum  atau  memecahkan  masalah  dengan
        menerapkan  teori  atau  konsep  yang  dipelajari.   Dengan



                                                                235
   241   242   243   244   245   246   247   248   249   250   251