Page 246 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 246
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
Tutor memiliki tanggung jawab memberikan balikan
terhadap hasil kerja peserta didik, mengajar, dan membantu
peserta didik mengembangkan keterampilan belajarnya (Race,
1990). Oleh karena itu, tutorial tidak hanya dilaksanakan untuk
mendiskusikan materi bahan ajar tetapi juga memberikan balikan
terhadap pekerjaan peserta didik, sehingga mereka mengetahui
apakah tugas yang dikerjakannya sudah betul atau masih salah.
Di samping itu, tutorial juga digunakan sebagai wahana untuk
memotivasi dan membantu peserta didik dalam mengelola proses
belajar, sehingga kemampuan belajar mandiri peserta didik
menjadi semakin meningkat. Berkenaan dengan pembelajaran
konstruktivistik, semua komponen dan prinsip pembelajaran
konstruktivistik dapat diwujudkan melalui kegiatan tutorial. Hal ini
dimungkinkan karena tutorial biasanya berlangsung secara
individual atau kelompok sehingga kebutuhan individual peserta
didik dapat diakomodasi.
Pembahasan materi bahan ajar dalam kegiatan tutorial
diarahkan pada penguasaan peserta didik terhadap pengetahuan
baru secara komprehensif melalui partisipasi aktif dalam proses
belajar. Peserta didik dapat ditugaskan untuk mendiskusikan
materi bahan ajar. Melalui kegiatan diskusi, peserta didik
berinteraksi dengan peserta didik lainnya untuk menyepakati
makna dari materi yang dibahas sehingga menghasilkan
pemahaman yang komprehensif. Selain itu, peserta didik juga
dapat diminta untuk memanfaatkan sumber belajar yang tersedia
di masyarakat dalam mengeksplorasi serta memperluas wawasan
dan kemampuannya. Melalui kegiatan ini, peserta didik akan
mencapai pemahaman yang bermakna tentang pengetahuan
yang baru dipelajari. Tutor juga dapat merancang kegiatan
tutorial yang menuntut peserta didik untuk mempraktekkan atau
melakukan praktikum atau memecahkan masalah dengan
menerapkan teori atau konsep yang dipelajari. Dengan
235