Page 247 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 247

)ulaeha,  Penerapan  Konstruktivisme dalam  ....



          berpartisipasi  aktif  dalam  kegiatan  tersebut,  peserta  didik  akan
          mencapai pemahaman yang  mendalam tentang materi bahan ajar
          karena  mereka  terlibat  dalam  pengalaman  konkret.  Kegiatan .ini
          merupakan wujud komponen tugas asli,  keterlibatan dalam belajar
          aktif.  pengetahuan  tentang  penerapan  dan  penggunaan  secara
          kontekstual,  serta penggunaan masyarakat belajar.
                 Meningkatkan  motivasi  dan  kemampuan  belajar  mandiri
          merupakan  salah  satu  fungsi  tutorial dalam  PJJ.  Motivasi  peserta
          didik akan muncul dan meningkat apabila mereka melihat manfaat
          dari  kegiatan  yang  dilakukannya.  Untuk  itu,  tutor dapat  memulai
          tutorial  dengan  menyajikan  tujuan  pembelajaran  atau  gambaran
          umum materi yang  akan didiskusikan sehingga peserta didik akan
          mengetahui apa  yang  akan  mereka  peroleh dari  kegiatan  tutoriaL
          Tutor juga  dapat  menyampaikan  manfaat  dari  materi  yang  akan
          dibahas  dalam  kaitannya  dengan  masalah  atau  tugas  peserta
          didik  sehari-hari.   Di  samping  itu,  tutor  juga  dapat  membuat
          kaitan  antara  pengetahuan  dan  pengalaman  yang  telah  dimiliki
          peserta  didik  dengan  materi  yang  dibahas.  lnformasi  tersebut
          dapat  menum-buhkan dan  meningkatkan motivasi belajar peserta
          didik sehingga mereka dapat memusatkan perhatiannya  terhadap
          materi atau masalah yang akan dibahas.
                 Selain  menumbuhkan  dan  memelihara  motivasi  belajar,
          tutorial  juga  diharapkan  dapat  menumbuhkan  dan  meningkatkan
          kemampuan  belajar mandiri peserta didik.  Hal  ini  sangat dituntut
          karena dalam sistem PJJ  kemampuan belajar mandiri  merupakan
          salah  satu  faktor  yang  menentukan  keberhasilan  belajar.  Tutor
          perlu  menyampaikan  bahwa  belajar mandiri  bukan  berarti  belajar
          sendiri,  tetapi  belajar  atas  dasar  inisiatif  sendiri.  Dalam  hal  ini,
          tutor  hendaknya  menyampaikan  bahwa  keberhasilan  belajar
          sangat dipengaruhi  oleh  kedisiplinan,  kreativitas,  dan  ketekunan.
          Untuk  itu,  tutor  hendaknya  membantu  peserta  didik  dalam
          mengidentifikasi  kebutuhan  belajar,  sumber  belajar  yang  dapat



          236
   242   243   244   245   246   247   248   249   250   251   252