Page 247 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 247
)ulaeha, Penerapan Konstruktivisme dalam ....
berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut, peserta didik akan
mencapai pemahaman yang mendalam tentang materi bahan ajar
karena mereka terlibat dalam pengalaman konkret. Kegiatan .ini
merupakan wujud komponen tugas asli, keterlibatan dalam belajar
aktif. pengetahuan tentang penerapan dan penggunaan secara
kontekstual, serta penggunaan masyarakat belajar.
Meningkatkan motivasi dan kemampuan belajar mandiri
merupakan salah satu fungsi tutorial dalam PJJ. Motivasi peserta
didik akan muncul dan meningkat apabila mereka melihat manfaat
dari kegiatan yang dilakukannya. Untuk itu, tutor dapat memulai
tutorial dengan menyajikan tujuan pembelajaran atau gambaran
umum materi yang akan didiskusikan sehingga peserta didik akan
mengetahui apa yang akan mereka peroleh dari kegiatan tutoriaL
Tutor juga dapat menyampaikan manfaat dari materi yang akan
dibahas dalam kaitannya dengan masalah atau tugas peserta
didik sehari-hari. Di samping itu, tutor juga dapat membuat
kaitan antara pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki
peserta didik dengan materi yang dibahas. lnformasi tersebut
dapat menum-buhkan dan meningkatkan motivasi belajar peserta
didik sehingga mereka dapat memusatkan perhatiannya terhadap
materi atau masalah yang akan dibahas.
Selain menumbuhkan dan memelihara motivasi belajar,
tutorial juga diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan
kemampuan belajar mandiri peserta didik. Hal ini sangat dituntut
karena dalam sistem PJJ kemampuan belajar mandiri merupakan
salah satu faktor yang menentukan keberhasilan belajar. Tutor
perlu menyampaikan bahwa belajar mandiri bukan berarti belajar
sendiri, tetapi belajar atas dasar inisiatif sendiri. Dalam hal ini,
tutor hendaknya menyampaikan bahwa keberhasilan belajar
sangat dipengaruhi oleh kedisiplinan, kreativitas, dan ketekunan.
Untuk itu, tutor hendaknya membantu peserta didik dalam
mengidentifikasi kebutuhan belajar, sumber belajar yang dapat
236