Page 242 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 242

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



            sehari-hari  maupun  dalam  melaksanakan  pekerjaan  yang
            berkaitan   dengan   mata   kuliah/mata   pelajaran   yang
            dipelajarinya.  Dengan  banyaknya  kasus  yang  harus dipelajari
            dan  diselesaikan  serta  contoh-contoh  dan  ilustrasi  yang  lebih
            bervariasi,  peserta  didik  memiliki  banyak  kesempatan  untuk
            menerapkan  informasi  yang  dipelajari  secara  kontekstual.
            Dengan  penyajian  kasus-kasus,  contoh-contoh,  dan  topik-
            topik  yang  lebih  banyak  dan  lebih  bervariasi  serta  sesuai
            dengan  kebutuhan  peserta  didik,  sehingga  proses  belajar
            peserta  didik  akan  semakin  optimal.   Peserta  didik  tidak
            hanya  menerapkan  informasi  yang  sedang  dipelajarinya,
            tetapi  juga  peserta  didik  terlibat  aktif  dalam  proses  belajar.
            Selain  itu,  dalam sajian  materi dapat juga dikemukakan topik-
            topik  atau  masalah-masalah  untuk  didiskusikan.   Diskusi
            tentang  topik  atau  masalah  bersama  dengan  peserta  didik
            lainnya atau dengan  tutor dan  sumber informasi  lainnya  akan
            memungkinkan  terjadinya  masyarakat  belajar  di  kalangan
            peserta didik.  Kegiatan  ini  memungkinkan  peserta didik untuk
            mengembangkan pemahamannya.

            Sementara    itu,   latihan   atau   tugas   diberikan   untuk
            memantapkan  pemahaman  peserta  didik  terhadap  materi
            yang  dibahas.  Latihan  atau  tugas  adalah  berbagai  kegiatan
            belajar yang  harus dilakukan oleh  peserta didik.  Latihan atau
            tugas  yang  diberikan  harus  relevan  dengan  materi  yang
            dibahas,  sesuai dengan  kemampuan  peserta didik,  bervariasi
            bentuknya,  bermakna,  serta  mendorong  peserta  didik  untuk
            berpikir dan  bersikap  kritis.   Dengan  memperhatikan  contoh
            dan  ilustrasi  serta  latihan  atau  tugas  yang  harus  dilakukan,
            peserta  didik  dituntut  untuk  berinteraksi  dengan  berbagai
            sumber  belajar,  seperti  informasi  ilmiah,  media,  dan  sumber
            belajar yang  lain.  Selain  itu,  melalui  pengerjaan  latihan  atau



                                                                 231
   237   238   239   240   241   242   243   244   245   246   247