Page 242 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 242
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
sehari-hari maupun dalam melaksanakan pekerjaan yang
berkaitan dengan mata kuliah/mata pelajaran yang
dipelajarinya. Dengan banyaknya kasus yang harus dipelajari
dan diselesaikan serta contoh-contoh dan ilustrasi yang lebih
bervariasi, peserta didik memiliki banyak kesempatan untuk
menerapkan informasi yang dipelajari secara kontekstual.
Dengan penyajian kasus-kasus, contoh-contoh, dan topik-
topik yang lebih banyak dan lebih bervariasi serta sesuai
dengan kebutuhan peserta didik, sehingga proses belajar
peserta didik akan semakin optimal. Peserta didik tidak
hanya menerapkan informasi yang sedang dipelajarinya,
tetapi juga peserta didik terlibat aktif dalam proses belajar.
Selain itu, dalam sajian materi dapat juga dikemukakan topik-
topik atau masalah-masalah untuk didiskusikan. Diskusi
tentang topik atau masalah bersama dengan peserta didik
lainnya atau dengan tutor dan sumber informasi lainnya akan
memungkinkan terjadinya masyarakat belajar di kalangan
peserta didik. Kegiatan ini memungkinkan peserta didik untuk
mengembangkan pemahamannya.
Sementara itu, latihan atau tugas diberikan untuk
memantapkan pemahaman peserta didik terhadap materi
yang dibahas. Latihan atau tugas adalah berbagai kegiatan
belajar yang harus dilakukan oleh peserta didik. Latihan atau
tugas yang diberikan harus relevan dengan materi yang
dibahas, sesuai dengan kemampuan peserta didik, bervariasi
bentuknya, bermakna, serta mendorong peserta didik untuk
berpikir dan bersikap kritis. Dengan memperhatikan contoh
dan ilustrasi serta latihan atau tugas yang harus dilakukan,
peserta didik dituntut untuk berinteraksi dengan berbagai
sumber belajar, seperti informasi ilmiah, media, dan sumber
belajar yang lain. Selain itu, melalui pengerjaan latihan atau
231