Page 239 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 239
]ulaeha, Penerapan Konstruktivisme dalam ....
didik sehingga mereka siap untuk mempelajari materi yang
akan disajikan. Pendahuluan merupakan pembukaan
pembelajaran dalam bahan ajar mandiri. Bagian
pendahuluan ditulis untuk memusatkan perhatian peserta
didik terhadap materi pelajaran yang akan dibahas.
Salah satu komponen pembelajaran konstruktivistik adalah
penerapan secara kontekstual. Komponen ini dapat
diwujudkan dalam bentuk membuat kaitan atau hubungan
antara pengalaman yang telah dimiliki peserta didik dengan
informasi baru Hal ini perlu dilakukan karena dengan melihat
kaitan antara pengetahuan dan pengalaman yang telah
dimiliki dengan informasi baru yang akan dipelajarinya,
peserta didik akan membentuk pemahaman baru terhadap
informasi baru tersebut. Oleh karena itu, dalam bagian
pendahuluan bahan ajar perlu dicantumkan kemampuan yang
diharapkan dikuasai peserta didik (dalam bentuk rumusan
tujuan belajar), relevansi antara materi yang dibahas dengan
kehidupan sehari-hari atau dengan materi yang lain, kaitan
materi yang akan dibahas dengan pengetahuan yang telah
dimiliki peserta didik atau materi lain, deskripsi singkat materi
yang akan dibahas, dan petunjuk belajar. Syarat-syarat yang
harus dipenuhi dalam menulis bagian pendahuluan adalah
menarik dan mendorong rasa ingin tahu, urutan sajiannya
logis. serta mudah dicerna dan enak diikuti.
Penyajian tujuan pembelajaran dalam bentuk rumusan
kemampuan yang diharapkan dikuasai peserta didik setelah
mempelajari bahan ajar akan menjadi pedoman bagi peserta
didik untuk mengarahkan segala kegiatan belajarnya
mencapai kemampuan tersebut. Pengembang dapat juga
menyampaikan manfaat materi bahan ajar, baik dalam
228