Page 239 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 239

]ulaeha, Penerapan  Konstruktivisme dalam  ....



            didik  sehingga  mereka  siap  untuk  mempelajari  materi  yang
            akan   disajikan.   Pendahuluan   merupakan   pembukaan
            pembelajaran   dalam   bahan   ajar   mandiri.    Bagian
            pendahuluan  ditulis  untuk  memusatkan  perhatian  peserta
            didik terhadap materi pelajaran yang akan dibahas.


            Salah  satu  komponen  pembelajaran  konstruktivistik  adalah
            penerapan  secara  kontekstual.    Komponen  ini  dapat
            diwujudkan  dalam  bentuk  membuat  kaitan  atau  hubungan
            antara  pengalaman  yang  telah  dimiliki  peserta  didik  dengan
            informasi baru  Hal ini perlu dilakukan karena dengan melihat
            kaitan  antara  pengetahuan  dan  pengalaman  yang  telah
            dimiliki  dengan  informasi  baru  yang  akan  dipelajarinya,
            peserta  didik  akan  membentuk  pemahaman  baru  terhadap
            informasi  baru  tersebut.   Oleh  karena  itu,  dalam  bagian
            pendahuluan bahan ajar perlu dicantumkan kemampuan yang
            diharapkan  dikuasai  peserta  didik  (dalam  bentuk  rumusan
            tujuan  belajar),  relevansi  antara  materi  yang  dibahas  dengan
            kehidupan  sehari-hari  atau  dengan  materi  yang  lain,  kaitan
            materi  yang  akan  dibahas  dengan  pengetahuan  yang  telah
            dimiliki peserta  didik atau  materi lain,  deskripsi singkat materi
            yang  akan dibahas,  dan  petunjuk belajar.  Syarat-syarat yang
            harus  dipenuhi  dalam  menulis  bagian  pendahuluan  adalah
            menarik  dan  mendorong  rasa  ingin  tahu,  urutan  sajiannya
            logis. serta mudah dicerna dan enak diikuti.

            Penyajian  tujuan  pembelajaran  dalam  bentuk  rumusan
            kemampuan  yang  diharapkan  dikuasai  peserta  didik  setelah
            mempelajari  bahan  ajar akan  menjadi  pedoman  bagi  peserta
            didik  untuk  mengarahkan  segala  kegiatan    belajarnya
            mencapai  kemampuan  tersebut.   Pengembang  dapat  juga
            menyampaikan  manfaat  materi  bahan  ajar,  baik  dalam



        228
   234   235   236   237   238   239   240   241   242   243   244