Page 241 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 241
)ulaeha, Penerapan Konstruktivisme dalam ....
konsep-konsep utama. dan menyesuaikan kurikulum untuk
mengakomodasikan anggapan peserta didik.
Berkenaan dengan prinsip-prinsip tersebut, penyajian materi
bahan ajar hendaknya memungkinkan peserta didik untuk
melakukan klasifikasi, analisis, dan peramalan, yang pada
akhirnya akan membantu peserta didik membentuk
pemahaman baru Untuk itu. materi bahan ajar hendaknya
disajikan secara bervariasi. seperti urutan berdasarkan topik,
urutan kronologis, berdasarkan tempat, siklus, hubungan
sebab-akibat, dan spiral. Apapun jenis penyajian materi
bahan ajar yang diterapkan. Rowntree (1990) mengemukakan
bahwa urutan penyajian materi bahan ajar dipilih berdasarkan
aspek kemenarikan. sehingga peserta didik senang
mempelajarinya dan juga membantunya untuk lebih mudah
memahami materi yang dibahas.
Berkenaan dengan komponen pengetahuan tentang
penerapan dan penggunaan secara kontekstual, sajian
materi dapat dilengkapi dengan kasus-kasus atau contoh-
contoh dan ilustrasi yang lebih bervariasi dan sesuai dengan
kebutuhan peserta didik. Dengan menyajikan contoh, kasus.
dan ilustrasi yang lebih sesuai dengan lingkungan peserta
didik, materi yang dibahas akan menarik peserta didik dan
lebih mudah dipahami. Contoh dan ilustrasi yang diberikan
harus relevan dengan isi uraian materi, konsisten, memadai
jumlah dan fungsinya, logis, sesuai dengan realita. serta
bermakna. Contoh-contoh dan ilustrasi tersebut dapat diambil
dari lingkungan sekitar atau dari dunia pekerjaan yang sedang
atau akan dihadapi oleh peserta didik. Kasus-kasus yang
disajikan hendaknya berkaitan dengan masalah-masalah
yang dihadapi peserta didik sehari-hari, baik dalam kehidupan
230