Page 241 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 241

)ulaeha, Penerapan Konstruktivisme dalam  ....


             konsep-konsep  utama.  dan  menyesuaikan  kurikulum  untuk
             mengakomodasikan anggapan peserta didik.


             Berkenaan  dengan  prinsip-prinsip  tersebut,  penyajian  materi
             bahan  ajar  hendaknya  memungkinkan  peserta  didik  untuk
             melakukan  klasifikasi,  analisis,  dan  peramalan,  yang  pada
             akhirnya   akan   membantu   peserta   didik   membentuk
             pemahaman  baru  Untuk  itu.  materi  bahan  ajar  hendaknya
             disajikan  secara  bervariasi.  seperti  urutan  berdasarkan  topik,
             urutan  kronologis,  berdasarkan  tempat,  siklus,  hubungan
             sebab-akibat,  dan  spiral.   Apapun  jenis  penyajian  materi
             bahan ajar yang  diterapkan.  Rowntree (1990) mengemukakan
             bahwa  urutan penyajian  materi bahan ajar dipilih berdasarkan
             aspek   kemenarikan.   sehingga   peserta   didik   senang
             mempelajarinya  dan  juga  membantunya  untuk  lebih  mudah
             memahami materi yang dibahas.


             Berkenaan   dengan    komponen    pengetahuan    tentang
             penerapan  dan  penggunaan    secara  kontekstual,  sajian
             materi  dapat  dilengkapi  dengan  kasus-kasus  atau  contoh-
             contoh dan  ilustrasi  yang  lebih  bervariasi dan  sesuai dengan
             kebutuhan  peserta  didik.  Dengan  menyajikan contoh,  kasus.
             dan  ilustrasi  yang  lebih  sesuai  dengan  lingkungan  peserta
             didik,  materi  yang  dibahas  akan  menarik  peserta  didik  dan
             lebih  mudah  dipahami.  Contoh  dan  ilustrasi  yang  diberikan
             harus  relevan  dengan  isi  uraian  materi,  konsisten,  memadai
             jumlah  dan  fungsinya,  logis,  sesuai  dengan  realita.  serta
             bermakna.  Contoh-contoh dan ilustrasi tersebut dapat diambil
             dari lingkungan sekitar atau dari dunia pekerjaan yang sedang
             atau  akan  dihadapi  oleh  peserta  didik.  Kasus-kasus  yang
             disajikan  hendaknya  berkaitan  dengan  masalah-masalah
             yang dihadapi peserta didik sehari-hari,  baik dalam kehidupan



         230
   236   237   238   239   240   241   242   243   244   245   246