Page 224 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 224

PENDIDIKAN TINGGI  )ARAK )AUH


         jauh  di  negara  maju.  Sejalan  dengan  perkembangan  teknologi
         komputer,  pengembangan  dan  penggunaan  media  noncetak  di
         negara maju cukup intensif karena kendala untuk membuat bahan
         ajar  yang  interaktif  relatif  berkurang  dibanding  dengan  dekade
         sebelumnya.
                Dari  beberapa  pengertian  yang  telah  dikembangkan  para
         ahli,  jika  diidentifikasi,  pendidikan  jarak  jauh  setidak-tidaknya
         mengandung  beberapa  elemen  sebagai  berikut:  (a)  pemisahan
         pengajar  dan  peserta  didik  (walau  tidak  sepenuhnya),  (b)
         kemandirian  siswa  (diharapkan  relatif  lebih  tinggi  daripada
         kemandirian   siswa   pendidikan   konvensional),   (c)   peng-
         organisasian produksi (industri) bahan ajar secara massal, dan (d)
         pemanfaatan media instruksional yang interaktif.
                Berdasarkan  perkembangan  media  instruksional  yang
         digunakan  pada  SBJJ,  mahasiswa  PT  JJ  Indonesia,  yang
         merupakan  negara  berkembang,  lebih  banyak  menggunakan
         bahan  ajar  cetak  dibandingkan  dengan  penggunaan  teknologi
         informasi dan  komunikasi  Hal itu terlihat dari aktivitas mahasiswa
         PT  JJ  FISIP  UT  dalam  mengikuti  tutorial  online,  yang  jumlahnya
         pada  semester  2003.1  mengalami  penurunan  dibandingkan
         semester 2002.2.
                Data  ini perlu  menjadi catatan di  kemudian  hari dan perlu
         ditelusuri  lebih  jauh.  Kemungkinan  semester ganjil  dan  semester
         genap  berpengaruh  terhadap  keikutsertaan  mahasiswa  dalam
         tutorial online.















                                                                 213
   219   220   221   222   223   224   225   226   227   228   229