Page 224 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 224
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
jauh di negara maju. Sejalan dengan perkembangan teknologi
komputer, pengembangan dan penggunaan media noncetak di
negara maju cukup intensif karena kendala untuk membuat bahan
ajar yang interaktif relatif berkurang dibanding dengan dekade
sebelumnya.
Dari beberapa pengertian yang telah dikembangkan para
ahli, jika diidentifikasi, pendidikan jarak jauh setidak-tidaknya
mengandung beberapa elemen sebagai berikut: (a) pemisahan
pengajar dan peserta didik (walau tidak sepenuhnya), (b)
kemandirian siswa (diharapkan relatif lebih tinggi daripada
kemandirian siswa pendidikan konvensional), (c) peng-
organisasian produksi (industri) bahan ajar secara massal, dan (d)
pemanfaatan media instruksional yang interaktif.
Berdasarkan perkembangan media instruksional yang
digunakan pada SBJJ, mahasiswa PT JJ Indonesia, yang
merupakan negara berkembang, lebih banyak menggunakan
bahan ajar cetak dibandingkan dengan penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi Hal itu terlihat dari aktivitas mahasiswa
PT JJ FISIP UT dalam mengikuti tutorial online, yang jumlahnya
pada semester 2003.1 mengalami penurunan dibandingkan
semester 2002.2.
Data ini perlu menjadi catatan di kemudian hari dan perlu
ditelusuri lebih jauh. Kemungkinan semester ganjil dan semester
genap berpengaruh terhadap keikutsertaan mahasiswa dalam
tutorial online.
213