Page 221 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 221
Dewiki dan Budiman, Aktivitas dan lnteraksi ....
memasukkan satu, dua, atau kurang dari 8 inisiasi karena
menunggu mahasiswa merespons.
Sedangkan tutor dari 15 mata kuliah (25,5%) tidak
melaksanakan tugasnya sebagai tutor dengan berbagai variasi
permasalahan. Sebagai gambaran, ada tutor yang tidak
memperoleh informasi dari jurusan bahwa ia bertanggung jawab
sebagai tutor pada tutorial online semester ini. Kasus lain, tutor
tidak mengikuti pelatihan sehingga tidak dapat mengelola tutorial
online untuk mata kuliah yang diampunya.
Pad a semester 2003.1, hasil evaluasi menunjukkan
bahwa aktivitas tutor meningkat. Hal ini mungkin karena pada
semester ini, P2M memberikan alamat surat-elektronik
mahasiswa kepada tutor. Kondisi tersebut membuat tutor dapat
berkomunikasi dengan mahasiswa atau langsung mengingatkan
mahasiswa jika diperlukan.
Dari 59 mata kuliah tutorial online, yang telah diinisiasikan
sejak semester 2002.1, tercatat 1 mata kuliah (2%) sama sekali
tidak dapat diakses mahasiswa karena tutor tidak aktif
memproses mata kuliah tersebut, sehingga mahasiswa tidak
dapat mengaksesnya. Tercatat pula 5 mata kuliah (8%) yang tidak
ada inisiasi. lni berarti tutor telah memproses mata kuliah tersebut
namun tidak memasukkan inisiasi. Pada kasus terakhir ini,
mahasiswa mendapatkan akses, tetapi tidak ada inisiasi dari tutor.
Dengan demikian, jumlah mata kuliah yang termasuk tidak aktif
terutama dari tutor adalah 6 mata kuliah (1 0%). Jumlah ini
menurun dibandingkan semester yang lalu, yang berjumlah
sekitar 15 mata kuliah (25,5%) yang tutornya tidak memproses
mata kuliah atau tidak memasukkan inisiasi. Hal tersebut
menunjukkan bahwa aktivitas tutor lebih baik dibandingkan
semester sebelumnya, karena tutor mulai terbiasa melakukan
tugasnya sebagai tutor pada tutorial elektronik atau tutorial online.
Dua puluh lima mata kuliah (42,5%) ada nilainya. lni berarti terjadi
210