Page 221 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 221

Dewiki  dan  Budiman, Aktivitas dan  lnteraksi  ....



          memasukkan  satu,  dua,  atau  kurang  dari  8  inisiasi  karena
          menunggu mahasiswa merespons.
                 Sedangkan  tutor  dari  15  mata  kuliah  (25,5%)  tidak
          melaksanakan  tugasnya  sebagai  tutor  dengan  berbagai  variasi
          permasalahan.  Sebagai  gambaran,  ada  tutor  yang  tidak
          memperoleh  informasi  dari jurusan  bahwa  ia  bertanggung  jawab
          sebagai  tutor  pada  tutorial  online  semester  ini.  Kasus  lain,  tutor
          tidak  mengikuti  pelatihan  sehingga tidak  dapat mengelola  tutorial
          online untuk mata kuliah yang diampunya.
                 Pad a  semester  2003.1,  hasil  evaluasi  menunjukkan
          bahwa  aktivitas  tutor  meningkat.  Hal  ini  mungkin  karena  pada
          semester   ini,   P2M   memberikan   alamat   surat-elektronik
          mahasiswa  kepada  tutor.  Kondisi  tersebut  membuat  tutor  dapat
          berkomunikasi  dengan  mahasiswa  atau  langsung  mengingatkan
          mahasiswa jika diperlukan.
                 Dari 59 mata kuliah tutorial online,  yang telah diinisiasikan
          sejak  semester 2002.1,  tercatat  1 mata  kuliah  (2%)  sama  sekali
          tidak  dapat  diakses  mahasiswa  karena  tutor  tidak  aktif
          memproses  mata  kuliah  tersebut,  sehingga  mahasiswa  tidak
          dapat mengaksesnya. Tercatat pula 5 mata kuliah (8%) yang tidak
          ada inisiasi.  lni berarti tutor telah  memproses mata kuliah tersebut
          namun  tidak  memasukkan  inisiasi.  Pada  kasus  terakhir  ini,
          mahasiswa mendapatkan akses, tetapi tidak ada inisiasi dari tutor.
          Dengan  demikian,  jumlah  mata  kuliah  yang  termasuk  tidak  aktif
          terutama  dari  tutor  adalah  6  mata  kuliah  (1 0%).  Jumlah  ini
          menurun  dibandingkan  semester  yang  lalu,  yang  berjumlah
          sekitar  15  mata  kuliah  (25,5%)  yang  tutornya  tidak  memproses
          mata  kuliah  atau  tidak  memasukkan  inisiasi.  Hal  tersebut
          menunjukkan  bahwa  aktivitas  tutor  lebih  baik  dibandingkan
          semester  sebelumnya,  karena  tutor  mulai  terbiasa  melakukan
          tugasnya sebagai tutor pada tutorial elektronik atau tutorial online.
          Dua puluh lima mata kuliah  (42,5%) ada nilainya.  lni berarti terjadi



         210
   216   217   218   219   220   221   222   223   224   225   226