Page 220 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 220
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
Tabel3
Rekapilulasi Aktivitas Tutorial Online 2002.2
Jumlah
Aktivitas Tutorial Online %
Mata kuliah
terlampir nilai 16 27%
(berarti ada aktivitas pada tutorial)
tutor aktif • tidak ada nilai 28 47,5%
(berarti tutor sudah memasukkan inisiasi atau bahan ajar,
kemungkinan ada mahasiswa, namun aktivitas tidak ada
atau kurang sehingga tidak dapat dinilai)
tidak ada inisiasi 15 25,5%
berarti tutor tidak pernah memasukkan inisiasi a tau
bahkan tidak pernah membuka. Kemungkinan ada
mahasiswanya)
59 100%
Sumber Darmayanti. laporan Tutorial Online FISIP, 2002-2003
Dari data di atas. tampak bahwa untuk 43 mata kuliah
(73%) kegiatan tutorialnya tidak aktif. Namun ketidakaktifan
tutorial terjadi karena berbagai alasan yang dapat dikelompokkan
menjadi dua golongan, yaitu: a) ketidakaktifan mahasiswa; dan b)
ketidakaktifan tutor. Data yang ada menunjukkan bahwa tutor dari
28 mata kuliah (47,5%) sebenarnya telah melaksanakan
tugasnya, yaitu telah memasukkan inisiasi yang menjadi tugas
tutor pada tutorial online. Pengelolaan pemasukan inisiasi
bervariasi tergantung pada pertimbangan masing-masing tutor
terhadap kondisi mata kuliah yang ditutorialkan. Ada yang
memasukkan seluruh materi inisiasi sebanyak 8 inisiasi walaupun
tidak ada mahasiswa yang aktif, dan ada yang hanya
209