Page 222 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 222
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
kenaikan 15,4% dari jumlah mata kuliah yang ada nilainya. Pada
semester 2002.2 yang lalu hanya 16 mata kuliah.
Tabel4
Aktivitas Tutorial Online 2003.1
Jumlah
Aktivitas Tutorial Online %
Mata kuliah
terlampir nilai
(berarti ada aktivitas pada tutorial) 25 42,4%
tutor aktif • tidak ada nilai
(berarti tutor sudah memasukkan inisiasi atau
bahan ajar, kemungkinan ada mahasiswa namun 28 47,5%
aktivitas tidak ada atau kurang sehingga tidak
dapat dinilai)
tidak ada inisiasi 6 10%
berarti tutor tidak pernah memasukkan inisiasi
a tau bahkan tidak pernah membuka.
Kemungkinan ada mahasiswanya)
59 100%
Sumber Santosa. laporan Tutorial Online FISIP. 2003.1
6. Aktivitas Mahasiswa
Menurut Sewart, Keagan, dan Holmberg dalam Zuhairi
(1990) ada tiga teori utama yang membedakan pendidikan jarak
jauh dengan pendidikan konvensional, yaitu teori otonomi dan
belajar mandiri, industrialisasi pendidikan, dan komunikasi
interaktif.
Pada aktivitas mahasiswa dalam tutorial online, dapat
digunakan teori yang ketiga, yaitu teori interaksi dan komunikasi.
211