Page 222 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 222

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



        kenaikan  15,4% dari jumlah  mata kuliah  yang  ada  nilainya.  Pada
        semester 2002.2 yang lalu hanya 16 mata kuliah.

                                  Tabel4
                        Aktivitas Tutorial Online 2003.1



                                                  Jumlah
                  Aktivitas Tutorial Online                   %
                                                Mata kuliah

         terlampir nilai
         (berarti ada aktivitas pada tutorial)      25      42,4%


         tutor aktif • tidak ada nilai
         (berarti  tutor  sudah  memasukkan  inisiasi  atau
         bahan  ajar,  kemungkinan  ada  mahasiswa  namun   28   47,5%
         aktivitas  tidak  ada  atau  kurang  sehingga  tidak
         dapat dinilai)
         tidak ada inisiasi                          6        10%
         berarti  tutor  tidak  pernah  memasukkan  inisiasi
         a tau   bahkan   tidak   pernah   membuka.
         Kemungkinan ada mahasiswanya)

                                                    59       100%
        Sumber Santosa.  laporan Tutorial Online FISIP.  2003.1


        6.  Aktivitas Mahasiswa

               Menurut  Sewart,  Keagan,  dan  Holmberg  dalam  Zuhairi
        (1990)  ada  tiga  teori  utama  yang  membedakan  pendidikan  jarak
        jauh  dengan  pendidikan  konvensional,  yaitu  teori  otonomi  dan
        belajar  mandiri,  industrialisasi  pendidikan,  dan  komunikasi
        interaktif.
               Pada  aktivitas  mahasiswa  dalam  tutorial  online,  dapat
        digunakan  teori  yang  ketiga,  yaitu  teori  interaksi  dan  komunikasi.




                                                                211
   217   218   219   220   221   222   223   224   225   226   227