Page 394 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 394

Trends in Science and Technology   355
                                                   for Sustainable Living


                layanan, menyampaikan saran dan kritik yang bermanfaat dalam
                pengembangan serta seleksi produk perikanan. Penyebaran konten
                pada sosial media, iklan dan komunitas, merupakan sebuah saran
                untuk saling bertukar pengetahuan dan informasi.

                e.   Arus Pendapatan (Revenue Stream)
                     Arus pendapatan adalah sumber–sumber pendapatan
                yang dihasilkan oleh perusahaan dalam pengelolaan usaha (Yulia,
                Bahtera, Evahelda, Hayati, & Bahtera, 2020). Arus pendapatan
                yang dapat dihasilkan dari aplikasi pemasaran digital untuk sektor
                perikanan terdiri atas tiga sumber. Tiga sumber yang dimaksud
                adalah berasal dari penjualan produk,  fee  layanan, dan  fee
                langganan. Arus pendapatan ini akan membantu dalam proses
                berjalannya operasional aplikasi pemasaran digital. Penjualan
                produk adalah penerimaan yang didapatkan dari hasil penjualan
                produk perikanan seperti  produk ikan segar  dan produk olahan
                perikanan. Fee layanan adalah penerimaan yang berasal dari biaya
                transaksi yang dihasilkan dari penjualan produk perikanan.  Fee
                langganan berbayar merupakan penerimaan yang diperoleh atas
                keanggotaan untuk mendapatkan fitur eksklusif untuk membantu
                meningkatkan penjualan. Selain dari tiga sumber pendapatan
                tersebut, pada tahap awal pengembangan aplikasi pemasaran
                digital pada umumnya masih memerlukan dukungan akses modal
                dari lembaga keuangan atau investor. Hal ini dikarenakan transaksi
                belum banyak dilakukan dan perlu dilakukan promosi secara masif
                kepada segmen pasar yang telah dituju.

                f.   Sumber Daya Kunci (Key Resources)
                     Sumber daya kunci adalah sumber daya yang secara krusial
                yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam melakukan operasional
                usahanya  (Pölling  et  al.,  2017).  Sumber  daya  kunci  pada  aplikasi
                pemasaran digital untuk produk perikanan merujuk pada aset-
                aset dan elemen yang penting untuk menjalankan aplikasi dengan
                sukses. Ini termasuk sumber daya manusia, teknologi, informasi, dan
                infrastruktur yang diperlukan untuk mengembangkan, mengelola,
                dan mempromosikan aplikasi. Sumber daya kunci dalam sebuah
   389   390   391   392   393   394   395   396   397   398   399