Page 394 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 394
Trends in Science and Technology 355
for Sustainable Living
layanan, menyampaikan saran dan kritik yang bermanfaat dalam
pengembangan serta seleksi produk perikanan. Penyebaran konten
pada sosial media, iklan dan komunitas, merupakan sebuah saran
untuk saling bertukar pengetahuan dan informasi.
e. Arus Pendapatan (Revenue Stream)
Arus pendapatan adalah sumber–sumber pendapatan
yang dihasilkan oleh perusahaan dalam pengelolaan usaha (Yulia,
Bahtera, Evahelda, Hayati, & Bahtera, 2020). Arus pendapatan
yang dapat dihasilkan dari aplikasi pemasaran digital untuk sektor
perikanan terdiri atas tiga sumber. Tiga sumber yang dimaksud
adalah berasal dari penjualan produk, fee layanan, dan fee
langganan. Arus pendapatan ini akan membantu dalam proses
berjalannya operasional aplikasi pemasaran digital. Penjualan
produk adalah penerimaan yang didapatkan dari hasil penjualan
produk perikanan seperti produk ikan segar dan produk olahan
perikanan. Fee layanan adalah penerimaan yang berasal dari biaya
transaksi yang dihasilkan dari penjualan produk perikanan. Fee
langganan berbayar merupakan penerimaan yang diperoleh atas
keanggotaan untuk mendapatkan fitur eksklusif untuk membantu
meningkatkan penjualan. Selain dari tiga sumber pendapatan
tersebut, pada tahap awal pengembangan aplikasi pemasaran
digital pada umumnya masih memerlukan dukungan akses modal
dari lembaga keuangan atau investor. Hal ini dikarenakan transaksi
belum banyak dilakukan dan perlu dilakukan promosi secara masif
kepada segmen pasar yang telah dituju.
f. Sumber Daya Kunci (Key Resources)
Sumber daya kunci adalah sumber daya yang secara krusial
yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam melakukan operasional
usahanya (Pölling et al., 2017). Sumber daya kunci pada aplikasi
pemasaran digital untuk produk perikanan merujuk pada aset-
aset dan elemen yang penting untuk menjalankan aplikasi dengan
sukses. Ini termasuk sumber daya manusia, teknologi, informasi, dan
infrastruktur yang diperlukan untuk mengembangkan, mengelola,
dan mempromosikan aplikasi. Sumber daya kunci dalam sebuah