Page 389 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 389

350     Fakultas Sains dan Teknologi
                   Universitas Terbuka (2023)


                 1.    Business Model Canvas (BMC) Pemasaran Digital Produk
                       Perikanan
                       Business Model Canvas (BMC) adalah suatu kerangka kerja
                 yang  disajikan  dalam  bentuk  visual  dengan  sembilan  elemen
                 yang terdiri atas segmentasi konsumen, proposisi nilai konsumen,
                 saluran, hubungan konsumen, arus pendapatan, sumber daya
                 kunci, aktivitas kunci, kemitraan utama dan struktur biaya. BMC
                 merupakan sebuah representasi dari pendekatan model bisnis
                 outside in  atau model bisnis:  from outside to inside  yang akan
                 membantu dalam menganalisis model bisnis aplikasi pemasaran
                 digital untuk produk perikanan. Pendekatan bisnis model outside ini
                 bertujuan untuk menciptakan produk atau layanan berdasarkan
                 sudut pandang kebutuhan konsumen. BMC menyediakan cara
                 yang mudah untuk mengilustrasikan potensi-potensi hubungan
                 setiap elemen dan dampak penciptaan suatu nilai bagi konsumen
                 (Gambar 4).


















                     Gambar 4. Kanvas Model Bisnis Aplikasi Pemasaran Digital
                                   untuk Sektor Perikanan
                 a.    Segmentasi Konsumen (Customer Segments)
                       Bisnis Model Canvas (BMC) menempatkan segmen konsumen
                 pada urutan pertama karena setiap perusahaan harus berorientasi
                 pada konsumen (Rahayu, Astuti, Mustangin, & Sandy 2022). Segmen
                 konsumen  bisnis  aplikasi  pemasaran  produk  perikanan  adalah
   384   385   386   387   388   389   390   391   392   393   394