Page 392 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 392

Trends in Science and Technology   353
                                                   for Sustainable Living


                     Desain merupakan proposisi nilai yang penting sebagai
                sarana komunikasi kepada calon konsumen pada aplikasi
                pemasaran digital untuk produk perikanan. Desain yang
                ditampilkan aplikasi pemasaran berbasis digital digunakan untuk
                mempengaruhi  keinginan  konsumen  untuk melakukan  transaksi
                pada layanan yang ada. Desain yang digunakan menampilkan ciri
                khas dari produk perikanan.
                     Harga merupakan elemen yang sensitif terhadap minat
                dan keinginan segmen konsumen. Nilai yang sama dengan harga
                yang lebih kompetitif merupakan cara dalam memenuhi keinginan
                konsumen. Perbedaan penilaian harga sangat bervariasi dari sudut
                pandang konsumen. Harga yang lebih rendah bisa memiliki kesan
                kualitas yang buruk dibandingkan produk atau layanan sejenisnya.
                Harga yang ditetapkan harus disesuaikan dengan segmen
                konsumen dari produk perikanan.
                     Kemudahan akses menentukan minat konsumen dalam
                memilih dalam bertransaksi pada aplikasi pemasaran digital untuk
                produk perikanan. Semakin  mudah aplikasi pemasaran  digital
                akan semakin diminati oleh calon konsumen. Kemudahan akses
                dapat berupa hasil dari inovasi, teknologi baru atau kombinasi dari
                keduanya. Kemudahan akses  aplikasi pemasaran  pada produk
                perikanan ditunjukkan melalui tampilan (user interface) dari
                aplikasi pemasaran.

                c.   Saluran (Channels)
                     Saluran  berarti  media  atau  sarana  yang  digunakan  oleh
                perusahaan dalam mengkomunikasikan dan menjangkau segmen
                konsumen  tentang  proposisi  nilai  yang  dimiliki  (Pölling  et  al.,
                2017). Perusahaan dan konsumen dihubungkan melalui saluran
                komunikasi, distribusi dan penjualan. Saluran sebagai sarana
                perusahaan dalam mengkomunikasikan produk dan jasa memiliki
                dua tujuan yakni untuk meningkatkan kesadaran pelanggan serta
                evaluasi  produk  dan  jasa  yang  ditawarkan  oleh  perusahan  serta
                tempat penjualan dan pemberian pelayanan jasa (Solihah et al.,
                2014).
   387   388   389   390   391   392   393   394   395   396   397