Page 392 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 392
Trends in Science and Technology 353
for Sustainable Living
Desain merupakan proposisi nilai yang penting sebagai
sarana komunikasi kepada calon konsumen pada aplikasi
pemasaran digital untuk produk perikanan. Desain yang
ditampilkan aplikasi pemasaran berbasis digital digunakan untuk
mempengaruhi keinginan konsumen untuk melakukan transaksi
pada layanan yang ada. Desain yang digunakan menampilkan ciri
khas dari produk perikanan.
Harga merupakan elemen yang sensitif terhadap minat
dan keinginan segmen konsumen. Nilai yang sama dengan harga
yang lebih kompetitif merupakan cara dalam memenuhi keinginan
konsumen. Perbedaan penilaian harga sangat bervariasi dari sudut
pandang konsumen. Harga yang lebih rendah bisa memiliki kesan
kualitas yang buruk dibandingkan produk atau layanan sejenisnya.
Harga yang ditetapkan harus disesuaikan dengan segmen
konsumen dari produk perikanan.
Kemudahan akses menentukan minat konsumen dalam
memilih dalam bertransaksi pada aplikasi pemasaran digital untuk
produk perikanan. Semakin mudah aplikasi pemasaran digital
akan semakin diminati oleh calon konsumen. Kemudahan akses
dapat berupa hasil dari inovasi, teknologi baru atau kombinasi dari
keduanya. Kemudahan akses aplikasi pemasaran pada produk
perikanan ditunjukkan melalui tampilan (user interface) dari
aplikasi pemasaran.
c. Saluran (Channels)
Saluran berarti media atau sarana yang digunakan oleh
perusahaan dalam mengkomunikasikan dan menjangkau segmen
konsumen tentang proposisi nilai yang dimiliki (Pölling et al.,
2017). Perusahaan dan konsumen dihubungkan melalui saluran
komunikasi, distribusi dan penjualan. Saluran sebagai sarana
perusahaan dalam mengkomunikasikan produk dan jasa memiliki
dua tujuan yakni untuk meningkatkan kesadaran pelanggan serta
evaluasi produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahan serta
tempat penjualan dan pemberian pelayanan jasa (Solihah et al.,
2014).