Page 395 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 395

356     Fakultas Sains dan Teknologi
                   Universitas Terbuka (2023)


                 model bisnis terdiri atas sumber daya fisik, keuangan dan sumber
                 daya manusia. Sumber daya fisik pada aplikasi pemasaran digital
                 untuk produk perikanan adalah bangunan yang dimiliki, database,
                 koneksi internet, aplikasi dan server yang mendukung operasional
                 aplikasi digital. Sumber daya keuangan berupa pendanaan dari
                 investor dan lembaga keuangan. Sumber daya manusia adalah
                 keahlian dan produktivitas tenaga kerja pada sektor perikanan.

                 g.    Aktivitas Kunci (Key Activities)
                       Aktivitas kunci adalah sejumlah aktivitas atau tindakan yang
                 dilakukan oleh perusahaan dalam mengembangkan usahanya
                 (Tahwin & Widodo, 2020). Aktivitas kunci pada aplikasi pemasaran
                 digital untuk produk perikanan merupakan langkah-langkah
                 esensial yang harus dilakukan untuk memastikan aplikasi berfungsi
                 dengan  baik,  menarik  pelanggan,  dan  menghasilkan  hasil  yang
                 diinginkan. Menurut Hutamy, et al. (2021) aktivitas kunci pada bisnis
                 online meliputi konsistensi update stok, membuat konten yang
                 menarik, pemasaran online, meningkatkan kualitas manajemen
                 dan distirbusi. Aktivitas kunci pada aplikasi pemasaran digital
                 untuk sektor perikanan adalah layanan, kualitas manajemen dan
                 distribusi, pemeliharaan sistem, riset dan pengembangan serta
                 pemasaran online. Setiap aktivitas ini memiliki peran penting dalam
                 menjalankan aplikasi pemasaran digital untuk produk perikanan
                 secara sukses. Pemahaman mendalam tentang aktivitas-aktivitas
                 ini akan membantu dalam merencanakan dan mengelola aplikasi
                 dengan lebih baik.

                 h.    Kemitraan Utama (Key Partners)
                       Kemitraan utama adalah jaringan pemasok dan mitra yang
                 membuat model bisnis dapat bekerja dengan optimal (Tahwin
                 & Widodo, 2020). Kemitraan utama dalam aplikasi pemasaran
                 digital untuk produk perikanan dapat memiliki peran penting
                 dalam membantu aplikasi mencapai audiens yang lebih luas,
                 meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan mengoptimalkan
                 hasil pemasaran. Pilihan kemitraan tergantung pada tujuan
   390   391   392   393   394   395   396   397   398   399   400