Page 397 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 397

358     Fakultas Sains dan Teknologi
                   Universitas Terbuka (2023)
























                            Gambar 5. Model Bisnis Canvas IWAKAWI

                       IWAKAWI merupakan ide bisnis yang menggabungkan
                 bisnis yang berorientasi pada keuntungan dan bisnis sosial.
                 IWAKAWI dalam praktiknya akan mempermudah masyarakat
                 dalam melakukan transaksi produk perikanan dan melakukan
                 pemberdayaan masyarakat khususnya para pedagang keliling.
                 IWAKAWI memiliki segmen pasar yang meliputi produsen produk
                 perikanan  yang  terdiri  atas  nelayan,  pembudidaya  ikan,  pelaku
                 pengolahan ikan, masyarakat gemar mengkonsumsi produk
                 perikanan dan memiliki literasi digital yang baik.
                       Tantangan pengembangan aplikasi pemasaran digital
                 pada produk perikanan adalah penanganan produk perikanan,
                 persaingan, kontinuitas produksi dan permintaan produk perikanan.
                 Penanganan produk perikanan menjadi sebuah tantangan utama
                 dalam proses pengembangan aplikasi pemasaran. Produk
                 perikanan utamanya ikan segar dan produk sejenis sangat rentan
                 terhadap kerusakan produk dan umur simpan (ketahanan produk).
                 Pendistribusian  produk  membutuhkan  biaya  yang  cukup  tinggi
                 untuk dapat disampaikan kepada konsumen dengan kualitas
                 yang  sesuai  harapan  konsumen.  Persaingan  aplikasi  pemasaran
   392   393   394   395   396   397   398   399   400   401   402