Page 399 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 399
360 Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Terbuka (2023)
KESIMPULAN
Analisa model bisnis menjadi tahapan sangat penting
dalam pengembangan aplikasi pemasaran berbasis digital pada
produk perikanan yang tepat sasaran. Keberhasilan aplikasi
pemasaran untuk produk perikanan tidak hanya ditunjang oleh
kecanggihan teknologi dan database yang dimiliki, melainkan juga
implementasi strategi model bisnis yang tepat. Pada analisa model
bisnis menggunakan kerangka 9 elemen BMC, diketahui bahwa
penting untuk memahami customer segment yang akan dibidik
sehingga sebuah usaha dapat menawarkan proposisi nilai yang
tepat. Panjangnya rantai pemasaran, serta rendahnya margin yang
diperoleh pelaku usaha perikanan merupakan beberapa fakta dari
pemasaran produk perikanan yang tidak dapat dihindari. Produsen,
distributor, dan konsumen produk perikanan menjadi beberapa
kelompok pelanggan yang strategis. Kecepatan layanan, aplikasi
yang user friendly, dengan berbagai produk berkualitas yang
ditawarkan menjadi kualitas kunci yang harus diintegrasikan dalam
supply chain pemasaran produk perikanan yang menggunakan
aplikasi. Oleh karena itu, dalam mewujudkan supply chain yang
kuat dalam rantai bisnis pemasaran produk perikanan, dibutuhkan
kemitraan yang kuat, baik dalam hal penyediaan bahan baku,
kebijakan, maupun untuk riset dan pengembangan aplikasi ke
depannya.