Page 399 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 399

360     Fakultas Sains dan Teknologi
                   Universitas Terbuka (2023)



                 KESIMPULAN

                       Analisa model bisnis menjadi tahapan sangat penting
                 dalam pengembangan aplikasi pemasaran berbasis digital pada
                 produk  perikanan  yang  tepat  sasaran.  Keberhasilan  aplikasi
                 pemasaran untuk produk perikanan tidak hanya ditunjang oleh
                 kecanggihan teknologi dan database yang dimiliki, melainkan juga
                 implementasi strategi model bisnis yang tepat. Pada analisa model
                 bisnis menggunakan kerangka 9 elemen BMC, diketahui bahwa
                 penting untuk memahami customer segment  yang akan dibidik
                 sehingga sebuah usaha dapat menawarkan proposisi nilai yang
                 tepat. Panjangnya rantai pemasaran, serta rendahnya margin yang
                 diperoleh pelaku usaha perikanan merupakan beberapa fakta dari
                 pemasaran produk perikanan yang tidak dapat dihindari. Produsen,
                 distributor, dan konsumen produk perikanan menjadi beberapa
                 kelompok pelanggan yang strategis. Kecepatan layanan, aplikasi
                 yang  user friendly,  dengan berbagai produk berkualitas yang
                 ditawarkan menjadi kualitas kunci yang harus diintegrasikan dalam
                 supply chain pemasaran produk perikanan yang menggunakan
                 aplikasi. Oleh karena itu, dalam mewujudkan  supply chain yang
                 kuat dalam rantai bisnis pemasaran produk perikanan, dibutuhkan
                 kemitraan  yang kuat, baik  dalam hal  penyediaan  bahan baku,
                 kebijakan, maupun untuk riset dan pengembangan aplikasi ke
                 depannya.
   394   395   396   397   398   399   400   401   402   403   404