Page 398 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 398
Trends in Science and Technology 359
for Sustainable Living
berbasis digital telah marak dikembangkan. Pengembangan
aplikasi pemasaran digital produk perikanan harus memilki nilai
kekhasan yang tidak dimiliki oleh pengembang lain dan mampu
menyelesaikan masalah serta memenuhi kebutuhan calon
konsumen sehingga minat konsumen dalam menggunakan aplikasi
tersebut semakin tinggi. Kontinuitas produksi dan permintaan produk
perikanan sangat berfluktuasi. Banyak faktor yang mempengaruhi
fluktuasi produksi dan permintaan produk perikanan antara lain
tradisi, budaya, cuaca, iklim dan regulasi. Jaminan ketersediaan
produk menjadi sebuah tantangan yang harus dipenuhi oleh para
produsen dan kemampuan dalam menyerap ketersediaan produk
menjadi sebuah tantangan bagi konsumen.
Kendala yang dihadapi dalam pengembangan aplikasi
pemasaran digital pada produk perikanan antara lain keterbatasan
modal dan pengetahuan. Pengembangan aplikasi pemasaran
digital produk perikanan membutuhkan modal yang cukup tinggi.
Investasi pada sebuah aplikasi pemasaran memiliki resiko yang
tinggi sehingga pemberian modal baik oleh investor maupun
lembaga keuangan sangat sulit didapatkan. Pengetahuan atau
literasi digital masyarakat Indonesia belum merata terhadap
penggunaan aplikasi pemasaran berbasis digital. Literasi digital
mengacu pada kemampuan individu untuk menggunakan,
memahami, dan berpartisipasi secara efektif dalam lingkungan
digital. Hal ini mencakup pemahaman tentang teknologi digital,
informasi yang ditemukan di internet, serta kemampuan kritis untuk
mengevaluasi dan mengelola informasi secara tepat dan aman.
Literasi digital memiliki peran penting dalam pengembangan
aplikasi pemasaran digital untuk produk perikanan tidak hanya
untuk produsen namun juga konsumen. Di Indonesia, literasi
digital memiliki peran penting mengingat pertumbuhan pesat
penggunaan teknologi digital dan akses internet.