Page 398 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 398

Trends in Science and Technology   359
                                                   for Sustainable Living


                berbasis digital telah marak dikembangkan. Pengembangan
                aplikasi  pemasaran digital  produk perikanan  harus  memilki  nilai
                kekhasan yang tidak dimiliki oleh pengembang lain dan mampu
                menyelesaikan masalah serta memenuhi kebutuhan calon
                konsumen sehingga minat konsumen dalam menggunakan aplikasi
                tersebut semakin tinggi. Kontinuitas produksi dan permintaan produk
                perikanan sangat berfluktuasi. Banyak faktor yang mempengaruhi
                fluktuasi  produksi  dan  permintaan  produk  perikanan  antara  lain
                tradisi, budaya, cuaca, iklim dan regulasi. Jaminan ketersediaan
                produk menjadi sebuah tantangan yang harus dipenuhi oleh para
                produsen dan kemampuan dalam menyerap ketersediaan produk
                menjadi sebuah tantangan bagi konsumen.
                     Kendala yang dihadapi dalam pengembangan aplikasi
                pemasaran digital pada produk perikanan antara lain keterbatasan
                modal  dan  pengetahuan.  Pengembangan  aplikasi  pemasaran
                digital produk perikanan membutuhkan modal yang cukup tinggi.
                Investasi pada sebuah aplikasi pemasaran memiliki resiko yang
                tinggi sehingga pemberian modal baik oleh investor maupun
                lembaga keuangan sangat sulit didapatkan. Pengetahuan atau
                literasi digital masyarakat Indonesia belum merata terhadap
                penggunaan aplikasi pemasaran berbasis digital. Literasi digital
                mengacu pada kemampuan individu untuk menggunakan,
                memahami, dan berpartisipasi secara efektif dalam lingkungan
                digital. Hal ini mencakup pemahaman tentang teknologi digital,
                informasi yang ditemukan di internet, serta kemampuan kritis untuk
                mengevaluasi dan mengelola informasi secara tepat dan aman.
                Literasi digital memiliki peran penting dalam pengembangan
                aplikasi pemasaran digital untuk produk perikanan tidak hanya
                untuk produsen namun juga konsumen. Di Indonesia, literasi
                digital memiliki peran penting mengingat pertumbuhan pesat
                penggunaan teknologi digital dan akses internet.
   393   394   395   396   397   398   399   400   401   402   403