Page 396 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 396
Trends in Science and Technology 357
for Sustainable Living
bisnis, audiens target, dan sasaran pemasaran. Dengan memilih
kemitraan yang tepat dapat memperkuat posisi aplikasi pemasaran
digital. Menurut Hutamy, et al. (2021), bisnis online memiliki jaringan
kerjasama dengan berbagai perusahan seperti ekspedisi, supplier
produk, marketplace, pelanggan, reseller dan dropship. Kemitraan
utama pada aplikasi pemasaran digital produk perikanan adalah
investor (pemilik modal), produsen ikan, produsen produk olahan
perikanan, ekspedisi, lembaga keuangan, lembaga pemerintah,
dan vendor layanan aplikasi.
i. Struktur Biaya (Cost Structure)
Struktur biaya adalah seluruh biaya yang dikeluarkan
oleh perusahaan dalam operasionaliasi model bisnis Tahwin dan
Widodo (2020). Struktur biaya pada aplikasi pemasaran digital
untuk produk perikanan dapat bervariasi tergantung pada berbagai
faktor, termasuk skala bisnis, fitur aplikasi, sumber daya yang
digunakan, dan strategi pemasaran yang diadopsi. Struktur biaya
pada aplikasi pemasaran digital produk perikanan adalah gaji
pegawai, biaya operasional, biaya pemeliharaan dan perbaikan
sistem serta biaya riset dan pengembangan.
2. Model Bisnis Aplikasi Pemasaran Digital Produk Perikanan
pada Bisnis IWAKAWI
Implementasi Model Bisnis Canvas pada produk perikanan
telah dicoba dikembangkan melalui layanan pemasaran berbasis
aplikasi bernama IWAKAWI yang merupakan aplikasi pemasaran
digital produk perikanan dan dikembangkan dengan tujuan untuk
meningkatkan keuntungan pada setiap saluran pemasaran produk
perikanan. IWAKAWI berusaha membantu menyelesaikan masalah
yang seringkali dihadapi para produsen maupun konsumen produk
perikanan antara lain harga, kualitas produk, dan layanan. Model
Bisnis Canvas IWAKAWI dapat ditunjukkan pada Gambar 5.