Page 396 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 396

Trends in Science and Technology   357
                                                   for Sustainable Living


                bisnis, audiens target, dan sasaran pemasaran. Dengan memilih
                kemitraan yang tepat dapat memperkuat posisi aplikasi pemasaran
                digital. Menurut Hutamy, et al. (2021), bisnis online memiliki jaringan
                kerjasama dengan berbagai perusahan seperti ekspedisi, supplier
                produk, marketplace, pelanggan, reseller dan dropship. Kemitraan
                utama pada aplikasi pemasaran digital produk perikanan adalah
                investor (pemilik modal), produsen ikan, produsen produk olahan
                perikanan, ekspedisi, lembaga keuangan, lembaga pemerintah,
                dan vendor layanan aplikasi.

                i.   Struktur Biaya (Cost Structure)
                     Struktur biaya adalah seluruh biaya yang dikeluarkan
                oleh perusahaan dalam operasionaliasi model bisnis Tahwin dan
                Widodo (2020). Struktur biaya pada aplikasi pemasaran digital
                untuk produk perikanan dapat bervariasi tergantung pada berbagai
                faktor,  termasuk  skala  bisnis,  fitur  aplikasi,  sumber  daya  yang
                digunakan, dan strategi pemasaran yang diadopsi. Struktur biaya
                pada aplikasi pemasaran digital produk perikanan adalah gaji
                pegawai, biaya operasional, biaya pemeliharaan dan perbaikan
                sistem serta biaya riset dan pengembangan.

                2.   Model Bisnis Aplikasi Pemasaran Digital Produk Perikanan
                     pada Bisnis IWAKAWI
                     Implementasi Model Bisnis Canvas pada produk perikanan
                telah dicoba dikembangkan melalui layanan pemasaran berbasis
                aplikasi bernama IWAKAWI yang merupakan aplikasi pemasaran
                digital produk perikanan dan dikembangkan dengan tujuan untuk
                meningkatkan keuntungan pada setiap saluran pemasaran produk
                perikanan. IWAKAWI berusaha membantu menyelesaikan masalah
                yang seringkali dihadapi para produsen maupun konsumen produk
                perikanan antara lain harga, kualitas produk, dan layanan. Model
                Bisnis Canvas IWAKAWI dapat ditunjukkan pada Gambar 5.
   391   392   393   394   395   396   397   398   399   400   401